Pengaruh penerapan jurnal belajar terhadap motivasi belajar siswa SMK Negeri I Udanawu Blitar / Mochamad Fariz Aris - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan jurnal belajar terhadap motivasi belajar siswa SMK Negeri I Udanawu Blitar / Mochamad Fariz Aris

Mochamad Fariz (2010) Pengaruh penerapan jurnal belajar terhadap motivasi belajar siswa SMK Negeri I Udanawu Blitar / Mochamad Fariz Aris. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Jurnal Belajar Motivasi Belajar. Dalam proses belajar motivasi merupakan faktor yang sangat penting. Tanpa adanya motivasi siswa akan mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan tertentu bahkan akan sangat sulit untuk mengembangkan kelebihan atau potensi yang dimilikinya. Motivasi merupakan jantungnya proses belajar. Begitu pentingnya motivasi dalam proses belajar maka tugas guru yang pertama dan terpenting adalah membangun motivasi terhadap apa yang akan dipelajari siswa. Penerapan jurnal belajar dapat menilai seberapa dalam pemahaman siswa terhadap materi yang baru dipelajari sekaligus mengoreksi kelemahan dan kesalahan siswa. Pengetahuan tentang proses berfikir siswa ini dapat dijadikan sarana bagi guru untuk meningkatkan semangat belajar siswa dengan cara memotivasinya melalui komentar guru yang membangun pada jurnal belajar. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah melihat apakah penerapan jurnal belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa SMK Negeri Udanawu Blitar. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental yaitu penelitian yang mengunakan dua kelompok sebagai subjek penelitian. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test only. Subjek penelitian adalah kelas 1M1 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 39 siswa dan kelas 1M2 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 39 orang pada mata diklat gambar teknik. Data diperoleh dari angket yang dibagikan kepada kedua kelompok subjek penelitian. Selanjutnya data dianalisis menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solution)12 yang terdiri dari uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Dari hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa sampel kedua kelompok terdistribusi normal yang diketahui dari nilai asymp sig (2-tailed) dari kedua kelompok (0 643 dan 0 573) 945 0 05 dan kedua kelompok memiliki varian yang sama atau homogen yang diketahui dari nilai Sig (0 125) 945 (0 05). Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara kedua kelompok. Hal ini dapat diketahui dari analisis uji t yang menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) (0 000) 945 (0 05). Rerata skor kelompok kontrol adalah 70 4872 dan rerata skor kelompok eksperimen adalah 83 5128. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian terhadap kedua kelas tersebut adalah bahwa penerapan jurnal belajar siswa berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas 1 mesin SMK Negeri Udanawu Blitar pada mata diklat gambar teknik. Penerapan jurnal belajar ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42993

Actions (login required)

View Item View Item