Al Aziz, Muhammad Haidar (2022) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam hikayat anggun che' tunggal dan penerapannya pada pembelajaran bahasa indonesia di SMA Assa'adah Bungah Gresik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Di SMA Assa’adah Bungah Gresik pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi salah satu mata pelajaran yang terintegrasi dengan pendidikan karakter. Salah satu materi pembelajaran bahasa Indonesia di sana adalah membaca dan menghayati Hikayat Anggun Che’ Tunggal. Hikayat ini dijadikan sebagai bahan materi pelajaran bahasa Indonesia di SMA Assa’adah Bungah Gresik karena hikayat ini memuat sejumlah karakter penting bagi perkembangan kepribadian dan karakter peserta didik. Beberapa diantaranya seperti: sikap sabar, tanggung jawab, amanah, pantang menyerah, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam Hikayat Anggun Che’ Tunggal dan mengevaluasi penerapannya pada pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Assa’adah Bungah Gresik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana peneliti memaparkan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam Hikayat Anggun Che’ Tunggal berdasarkan pilar pendidikan karakter yang dikenalkan oleh Thomas Lickona. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis Interaktif model Miles & Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah dalam Hikayat Anggun Che’ Tunggal terdapat 11 (sebelas) nilai karakter yang meliputi nilai religius, jujur, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif/ bersahabat, peduli sosial, dan tanggung jawab. Penerapannya pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Assa’adah Bungah Gresik dilakukan pada dimensi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pada dimensi kognitif, dilakukan dengan menyelenggarakan tes akhir pada setiap kegiatan pembelajaran/sub materi dan tes akhir pada setiap kompetensi dasar berupa soal-soal uraian. Adapun pada dimensi afektif dilakukan dengan penilaian sikap siswa yang dicatat dalam jurnal harian. Sedangkan pada dimensi psikomotorik dilakukan dengan tes akhir pada setiap kegiatan pembelajaran/sub materi yang disajikan dalam bentuk soal uraian. Metode pembelajaran yang digunakan belum relevan dengan nilai pendidikan karakter, dan penilaian hasil belajar cenderung masih berdimensi kognitif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter, hikayat, pembelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa |
Depositing User: | mr magang UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 08:46 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 08:46 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4296 |
Actions (login required)
View Item |