Pengaruh pendinginan udara masuk dan variasi putaran mesin terhadap emisi gas buang mesin diesel berbahan bakar biodiesel (minyak jarak-solar) / M. Aris Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendinginan udara masuk dan variasi putaran mesin terhadap emisi gas buang mesin diesel berbahan bakar biodiesel (minyak jarak-solar) / M. Aris Susanto

M. Aris (2010) Pengaruh pendinginan udara masuk dan variasi putaran mesin terhadap emisi gas buang mesin diesel berbahan bakar biodiesel (minyak jarak-solar) / M. Aris Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Susanto M. Aris. 2009. Pengaruh Pendinginan Udara Masuk dan Variasi Putaran Mesin Terhadap Emisi Gas Buang Mesin Diesel Berbahan Bakar Biodiesel (Minyak Jarak-Solar). Skripsi Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Syarif Suhartadi Dr . M.Pd. (II) Sukarni S.T M.T. Kata Kunci pendinginan udara masuk biodiesel mesin diesel kandungan gas buang. Pendinginan udara masuk yang menggunakan dry ice adalah salah satu proses yang dapat meningkatkan kerapatan massa jenis udara sehingga molekul-molekul bahan bakar dapat bertemu dengan jumlah udara yang kerapatannya sudah meningkat sehingga efisiensi bahan bakar meningkat dan menghasilkan pembakaran yang sempurna sehingga emisi gas buang menjadi lebih bersih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pendinginan udara masuk pengaruh yang signifikan variasi putaran mesin dan interaksi yang signifikan antara pendinginan udara masuk dan variasi putaran mesin terhadap kandungan gas buang mesin diesel berbahan bakar biodiesel. Minyak jarak yang digunakan sebagai bahan bakar biodiesel (20% minyak jarak-80% solar) dalam penelitian ini diperoleh dari Lembaga Penilitian Universitas Negeri Malang yaitu minyak jarak yang telah melalui proses transesterifikasi. Sedangkan yang diaplikasikan untuk mendinginkan udara masuk adalah Dry ice yang diperoleh dari pabrik PT. PETROKIMIA Gresik. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Motor Bakar Universitas Brawijaya Malang tanggal 26 Mei 2009 dengan menggunakan alat Orsad Apparatus. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian eksperimental dengan desain faktorial 6 x 2. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analis varian dua jalan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Perlakuan putaran mesin yang digunakan adalah rentangan 1400 rpm 1700 rpm 2000 rpm 2300 rpm 2600 rpm dan 2900 rpm. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendinginan udara masuk berpengaruh terhadap kandungan gas buang mesin diesel. Pada saat mesin diberi pendingin kadar emisi CO dan O2 lebih rendah jika dibandingkan dengan tidak menggunakan pendingin. Sedangkan kadar CO2 lebih tinggi jika dibandingkan dengan tidak menggunakan pendingin. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendinginan udara masuk variasi putaran mesin dan interaksi antara pendinginan dan putaran mesin mempengaruhi kadar emisi CO O2 dan CO2. Dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya pengaruh kenaikan suhu udara masuk terhadap kandungan emisi gas buang berbahan bakar biodiesel (minyak ketela dan lain sebagainya).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42941

Actions (login required)

View Item View Item