Kesiapan yayasan pendidikan se-kota Kediri untuk mengimplemantasikan UU nomor 28 tahun 2004 / Agustin Wiria Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesiapan yayasan pendidikan se-kota Kediri untuk mengimplemantasikan UU nomor 28 tahun 2004 / Agustin Wiria Putri

Agustin Wiria (2010) Kesiapan yayasan pendidikan se-kota Kediri untuk mengimplemantasikan UU nomor 28 tahun 2004 / Agustin Wiria Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci yayasan pendidikan implementasi Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004. Di Indonesia sekolah negeri dan swasta mulai bersaing ketat baik dalam hal pelayanan publik maupun sarana dan prasarana yang mereka sediakan guna menunjang proses pembelajaran di sekolah. Salah satu upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu melalui pendidikan baik yang didirikan oleh pemerintah maupun pendidikan formal yang didirikan oleh suatu yayasan. Yayasan pendidikan mempunyai prinsip nirlaba dan pendiriannya di bawah Badan Hukum satuan Pendidikan (BHP). Yayasan pendidikan yang ada di Indonesia umumnya menaungi beberapa sekolah misalnya mulai dari Taman Kanak-kanak (TK) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Berdasarkan studi awal peneliti banyak menemukan yayasan yang ada di kota Kediri yang sudah tidak aktif tetapi masih terdaftar di Dinas Pendidikan Kediri dan juga dengan adanya perubahan Undang-Undang Yayasan dari UU No. 16 tahun 2001 menjadi UU No. 28 tahun 2004 maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul Kesiapan Yayasan Se-Kota Kediri Untuk Mengimplementasikan UU Nomor 28 Tahun 2004 . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui kesiapan pengurus yayasan dalam mengimplementasikan UU No. 28/2004 (2) Mengetahui bagaimana persepsi pengurus yayasan tentang UU No. 28/2004 (3) Mengetahui bagaimana implementasi UU No. 28/2004 dalam yayasan (4) Kendala apa saja yang dihadapi pengurus yayasan dalam mengimplementasikan UU No. 28/2004 (5) Apa saja analisis solusi yang dilakukan pengurus yayasan dalam mengatasi kendala implementasi UU No. 28/2004 . Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kesiapan pengurus yayasan mengimplementasikan UU No. 28/2004 (2) Untuk mengidentifikasi beberapa kendala yang dihadapi pengurus yayasan dalam mengimplementasikan UU No. 28/2004 (3) Untuk menganalisis beberapa kendala yang dihadapi beberapa pengurus yayasan dalam mengimplementasikan UU No. 28/2004. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif untuk menggambarkan gejala dan fakta mengenai kesiapan pengurus yayasan untuk mengimplementasikan UU No. 28/2004. Populasi penelitian adalah para pengurus yayasan se-Kota Kediri dengan responden berasal dari 29 yayasan. Sampel penelitian mengambil 29 yayasan dengan jumlah responden 115 orang karena sampel yang diambil adalah para pengurus inti yayasan (Ketua Wakil Sekretaris dan Bendahara) kecuali yayasan yang memiliki jumlah pengurus inti hanya 3 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara Purposive Sampling yaitu sampael diambil berdasarkan ciri tertentu yang dianggap memiliki keterkaitan dengan sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Instrumen pengumpulan data adalah dengan teknik angket atau kuesioner tertutup yaitu angket yang sudah disediakan jawabannya sehingga responden tinggal memilih alternatif jawaban dan dianggap sesuai dengan memberikan tanda silang (X) pada kolom yang sudah disediakan. Penganalisisan data menggunakan analisis kuantitatif dan menggunakan tabulasi frekuensi. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah (1) Untuk tingkat kesiapan pengimplementasian UU No. 28/2004 secara umum yayasan-yayasan pendidikan formal yang ada sudah dapat dikatakan siap untuk mengimplementasikan UU No. 28/2004 karena sebagian besar dari yayasan-yayasan yang ada sudah mengetahui adanya UU yayasan yang baru meskipun ada juga yayasan-yayasan yang kecil belum mengetahui adanya UU yayasan ini (2) Persepsi pengurus yayasan tentang UU No. 28/2004 dapat disimpulkan ada pengurus yang sudah benar-benar paham dan mengetahui adanya UU No. 28/2004 sebagai pengganti UU No. 16/2001 yang harus digunakan dalam pelaksanaan kegiatan yayasan dan beberapa pengurus yayasan ada yang beranggapan bahwa apabila ada peraturan terbaru dari pemerintah maka seharusnya pemerintah mengadakan sosialisasi pada yayasan (3) Untuk tingkat pengimplementasian UU No. 28/2004 dapat disimpulkan bahwa sebagian besar yayasan-yayasan se-Kota Kediri belum mengimplementasikan UU No. 28/2004 padahal sebenarnya para pengurus yayasan sudah mengetahui tentang adanya UU yai (4) Mengidentifikasi kendala yang dihadapi pengurus yayasan dapat disimpulkan bahwa masih banyak kendala yang dihadapi para pengurus yayasan yaitu masih ada pengurus yayasan yang belum mengetahui adanya UU No. 28/2004 kurangnya pemahaman tentang UU ini sehingga tidak terkontrolnya kegiatan yayasan dan masih ada pengurus yang menganggap bahwa cukup dengan peraturan yang mereka buat maka kegiatan yayasan akan berjalan lancar (5) Menganalisis beberapa kendala yang dihadapi pengurus dapat disimpulkan bahwa yayasan perlu mempersiapkan diri dengan menambah pengetahuan meningkatkan kerja sama dengan semua pihak saling berbagi informasi mengenai peraturan terbaru yang ada mengadakan pelatihan dan bantuan pemerintah juga dibutuhkan untuk mensosialisasikan UU terbaru ini terutama untuk yayasan di daerah pinggiran agar yayasan dan sekolah yang dinaungi dapat mempertahankan mutu dan kualitas sekolah. Berdasarkan kesimpulan saran ditujukan kepada (1) Pengurus yayasan pendidikan yaitu pengurus yayasan sendiri seharusnya lebih mempersiapkan diri untuk mengelola yayasannya berdasarkan peraturan yang berlaku saat ini dan melengkapi diri dengan peraturan baru yang digunakan sebagai acuan dalam mengelola yayasan (2) Pengelola sekolah yaitu pengelola sekolah yang dinaungi yayasan khususnya di Kota Kediri perlu mengadakan instropeksi diri terutama mengenai sumber-sumber hukum yang dijadikan acuan dan pedoman membekali diri dengan aturan dari pemerintah seperti UU No. 28/2004 dan mensosialisasikan kepada seluruh anggota yayasan agar pengelolaan yayasan dapat berjalan lebih baik lagi (3) Akademisi Jurusan Administrasi Pendidikan dan Jurusan Administrasi Pen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4294

Actions (login required)

View Item View Item