Persepsi siswa tentang penggunaan media dan hubungannya dengan penguasaan materi tune up siswa kelas XII TMO 1 SMKN 6 Malang / Arief Triwidodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa tentang penggunaan media dan hubungannya dengan penguasaan materi tune up siswa kelas XII TMO 1 SMKN 6 Malang / Arief Triwidodo

Arief (2010) Persepsi siswa tentang penggunaan media dan hubungannya dengan penguasaan materi tune up siswa kelas XII TMO 1 SMKN 6 Malang / Arief Triwidodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Triwidodo Arief. 2009. Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media dan Hubungannya dengan Penguasaan Materi Tune Up Siswa Kelas XII TMO1 SMKN 6 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Mesin. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd (2) Drs. H. Kusdi S.T. M.T. Kata Kunci Persepsi Siswa Media Pembelajaran Penguasaan Materi Sarana dan prasarana sebagai salah satu penunjang keberhasilan pendidikan sering kali menjadi kendala dalam proses penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Misalkan saja pada pokok bahasan tune up motor bensin pada materi ini dibutuhkan sebuah gambar sistematik (media pembelajaran) yang diharapkan siswa bisa mengetahui konsep atau cara melakukani tune up motor bensin tetapi apakah semua siswa bisa menerima materi yang disampaikan oleh guru. Disinilah perlu kemampuan seorang guru dalam menggunakan media pembelajaran. Pemilihan media yang tepat dan penyampaian materi yang baik akan menimbulkan persepsi siswa tentang penggunaan media dalam pembelajaran. Persepsi inilah yang nantinya akan menstimulus menginformasi dan memediasi bentuk dan cara belajar siswa demi mencapai tujuan pendidikan (penguasaan materi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan media dan hubungannya dengan penguasaan materi tune up siswa kelas XII TMO 1 SMKN 6 Malang. Rancangan penelitian ini ialah kuantitatif berusaha menguji hubungan antar variabel yang dihipotesiskan. Variabel terikat penelitian ini adalah persepsi siswa tentang penggunaan media dan penguasaan materi siswa sebagai variabel bebasnya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII TMO 1 SMKN 6 Malang tahun ajaran 2009-2010. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII TMO 1 SMKN 6 Malang. Pengumpulan data dengan cara observasi kuisioner dan tes penguasaan materi hasil penelitian ini dianalisis menggunakan perhitungan manual dan perhitungan dengan bantuan SPSS 16.0 For Windows meliputi korelasi product moment dan diperkuat dengan regresi sederhana. Berdasarkan analisis data korelasi product moment menunjukan bahwa taraf signifikansi 0 000 yang menyertai t hitung sebesar 0 897 pada 945 sebesar 5 % karena signifikansi yang menyertai t hitung lebih kecil dari 0 05 maka hipotesisnya diterima artinya persepsi siswa tentang penggunaan media dapat digunakan untuk memprediksi penguasan materi siswa. Sedangkan dari hasil analisis data regresi sederhana diperoleh nilai signifikansi 0 000 yang menyertai thitung sebesar 8 122 pada 945 5%. Karena signifikansi yang menyertainya lebih kecil dari 0 05 maka hipotesisnya diterima. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan yang terjadi pada persepsi siswa tentang penggunaan media akan menyebabkan perubahan pada penguasaan materi siswa dengan arah yang searah dan positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42930

Actions (login required)

View Item View Item