Pengaruh penggunaan muffler freelow dengan filter active carbon terhadap kadar gas Co2 dan CO pada sepeda motor Supra X / Okky Hidayat Nasrulyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan muffler freelow dengan filter active carbon terhadap kadar gas Co2 dan CO pada sepeda motor Supra X / Okky Hidayat Nasrulyanto

Okky Hidayat (2009) Pengaruh penggunaan muffler freelow dengan filter active carbon terhadap kadar gas Co2 dan CO pada sepeda motor Supra X / Okky Hidayat Nasrulyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi dibidang otomotif dan perindustrian yang cukup pesat telah memberikan kemudahan kepada manusia dalam pemenuhan hidupnya tetapi dampak negatif yang ditimbulkan tetap ada terutama polusi udara. Pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh polusi telah memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap kelangsungan hidup manusia. Polusi udara merupakan masalah yang sangat meresahkan saat ini karena polusi udara dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti gangguan pernapasan dan kanker kulit. Dampak lain dari polusi udara yaitu sebagai sebab penipisan lapisan ozon yang berfungsi sebagai filter radiasi sinar matahari. Salah satu sumber utama dari polusi udara adalah alat transportasi terutama di kota-kota besar karena jumlah alat transportasi yang terus meningkat. Polusi udara yang disebabkan gas buang merupakan akibat dari pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna dari kendaraan bermotor sehingga terbentuk CO2 CO HC NOx dan gas lain yang dapat menimbulkan polusi udara. Pencemaran udara menjadi semakin buruk dengan masih banyaknya jumlah kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar yang mengandung timbal (Pb) yang berfungsi untuk meningkatkan angka oktan bahan bakar timbal tersebut akan keluar bersama gas buang yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Dimana data polusi udara yang sangat berbahaya bagi manusia menunjukkan bahwa angka polusi udara di Jawa Timur sudah melampaui ambang batas. Muffler freeflow dengan filter active carbon mempunyai keunggulan dapat menyerap unsur karbon dalam gas buang CO2 dan CO karena active carbon telah diaktivasi dengan cara difurnace yaitu pengovenan pada suhu 600-800 C dan ditiup udara kering agar kandungan air yang masih tersisa dapat hilang. Akibat dari pengaktivasian active carbon dengan cara difurnace pori-pori active carbon menjadi lebih besar sehingga unsur karbon yang terdapat dalam gas buang CO2 dan CO dapat diikat. Sedangkan mesin yang diuji adalah sepeda motor Honda Supra X karena mayoritas pengguna sepeda motor adalah sepeda motor merk Honda dengan angka penjualan bulan April 2007 138.464 buah dan diatas angka penjualan merk sepeda motor lainnya. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Motor Bakar Universitas Brawijaya Malang dengan bantuan alat Exhaust Gas Analyzer. Analisis hasil penelitian yang digunakan two way anova dan nonparametrik dengan taraf signifikansi 0 01. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar konsentrasi kadar gas buang CO2 dan CO yang dapat diserap oleh active carbon sebagai upaya untuk mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh emisi gas buang kendaraan bermotor khususnya Honda Supra X tahun 2003. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental yang dapat diartikan suatu peristiwa yang direncanakan dan dilaksanakan untuk memperoleh data yang relevan. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondisi mesin dan putaran mesin sedangkan variabel terikatnya adalah kandungan gas CO2 dan CO. Kondisi mesin yang dimaksud adalah kondisi mesin menggunakan muffler standart dan kondisi mesin menggunakan muffler freeflow dengan filter active carbon. Sedangkan putaran mesin yang digunakan adalah 1000 rpm 2000 rpm 3000 rpm 4000 rpm 5000 rpm dan 6000 rpm. Mesin yang digunakan sebagai alat pengambilan data adalah Honda Supra X tahun 2003. Dari pengolahan data hasil penelitian untuk kadar gas CO ditemukan bahwa (1) nilai Fhitung 513 251 dan taraf signifikansi 0 01 sehingga hipotesis yang dapat diambil adalah ada perbedaan yang signifikan pada kandungan emisi gas buang karbon monoksida (CO) antara kondisi mesin menggunakan muffler standart dan menggunakan muffler freeflow dengan filter active carbon. (2) nilai Fhitung 11 222 dengan taraf signifikansi 0 01 sehingga hipotesis yang dapat diambil adalah ada perbedaan yang signifikan pada kandungan emisi gas buang karbon monoksida (CO) antara variasi putaran 1000 2000 3000 4000 5000 dan 6000. (3) nilai Fhitung 9 404 dengan taraf signifikansi 0 01 sehingga hipotesis yang dapat diambil adalah ada interaksi antara faktor mesin menggunakan muffler standart dan menggunakan muffler freeflow dengan filter active carbon dengan putaran mesin 1000 2000 3000 4000 5000 dan 6000 karena nilai Sig 0 01 sehingga kesimpulan yang dapat dihasilkan adalah ada interaksi yang signifikan antara faktor penggunaan muffler dan faktor variasi putaran mesin (RPM) terhadap kandungan emisi gas buang karbon monksida (CO). Data hasil penelitian untuk kadar gas CO2 menunjukkan bahwa bilangan chi square 22 682 dengan taraf signifikansi 0 01 sehingga hipotesis yang dapat diambil adalah ada perbedaan yang signifikan pada kandungan emisi gas buang karbon dioksida (CO2) antara kondisi mesin menggunakan muffler standart dan menggunakan muffler freeflow dengan filter active carbon. Dari data hasil penelitian diketahui rata-rata kandungan kadar gas CO pada Honda Supra X tahun 2003 saat menggunakan muffler standart sebesar 2 429 % dan 1 540 % saat menggunakan muffler freeflow dengan filter active carbon sedangkan hasil penelitian untuk kadar gas CO2 diketahui rata-rata saat menggunakan muffler standart 26 86 % dan saat menggunakan muffler freeflow dengan filter active carbon 10 14 %. Dari data hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan muffler freeflow dengan filter active carbon dapat mengurangi kandungan emisi gas buang karbon monoksida (CO) dan karbon dioksida (CO2). Saran yang dapat diberikan bagi pengguna kendaraan khususnya Honda Supra X tahun 2003 sebaiknya menggunakan muffler freeflow dengan filter active carbon untuk mengurangi kandungan emisi gas buang karbon monoksida (CO) dan karbon dioksida (CO2) serta bagi peneliti yang lain agar meneruskan penelitian ini dengan judul yang samadengan variasi dan instrumen yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42915

Actions (login required)

View Item View Item