Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran sistem pernapasan manusia kelas VIII MTs Surya Buana Malang / Nidiya Azmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran sistem pernapasan manusia kelas VIII MTs Surya Buana Malang / Nidiya Azmi

Azmi, Nidiya (2013) Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran sistem pernapasan manusia kelas VIII MTs Surya Buana Malang / Nidiya Azmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Biologi. Multimedia interaktif adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks suara gambar animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat ber-(navigasi) berinteraksi dan berkomunikasi. Keberadaan multimedia interaktif dalam pembelajaran sangat diperlukan untuk beberapa mata pelajaran yang pada umumnya sulit seperti mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Selain itu IPA adalah salah satu mata pelajaran yang akan diujikan dalam Ujian Nasional (UNAS) sebagai standart nilai kelulusan. Multimedia interaktif ini sangat cocok untuk kepentingan pembelajaran individual tetapi bisa digunakan untuk pembelajaran kelompok atau klasikal. Berdasarkan observasi di MTs Surya Buana Malang hal yang melandasi dari pengembangan multimedia interaktif pembelajaran ini yaitu perlunya media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran yang dibutuhkan siswa dalam mempelajari materi dan meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA Biologi kelas VIII materi sistem pernapasan manusia. Hal ini dikarenakan pada materi tersebut memang memerlukan visualisasi obyek yang jelas dengan menggunakan animasi gambar teks dan video. Tujuan dari pengembangan yaitu untuk menghasilkan suatu produk multimedia interaktif pembelajaran yang layak dan valid sebagai sumber belajar yang efektif serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA Biologi materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Sadiman langkah- langkah pengembangan ini adalah identifikasi kebutuhan perumusan tujuan perumusan butir-butir materi perumusan alat pengukur keberhasilan penulisan Storyboard media produksi validasi dan revisi. Subyek penelitian dalam vaidasi pengembangan ini adalah siswa kelas VIII MTs Surya Buana Malang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket serta hasil pre-test dan post-test. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari tanggapan ahli media ahli materi dan siswa tetang produk yang dihasilkan . Media ini divalidasi oleh ahli media sebanyak 1 orang dan ahli materi sebanyak 1 orang serta mengetahui pemanfaatan hasil belajar oleh audiens sebanyak 30 orang. Setelah dianalisis hasil validasi dari multimedia interaktif pembelajaran ini dinyatakan valid dengan hasil perhitungan ahli media 9 1 04% ahli materi 93 1% perseorangan 81 1% uji coba kelompok kecil 81 27% uji coba lapangan 86 6% hal ini menunjukan bahwa multimedia interaktif pembelajaran ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Pada hasil belajar memperoleh 90 33 % hal ini menunjukan bahwa multimedia interaktif pembelajaran ini memberikan efek yang positif dalam peningkatan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPA Biologi pada materi sistem pernapasan manusia. Saran untuk langkah pengembangan tindak lanjut untuk kepala sekolah adalah multimedia interaktif dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk pengembangan pusat sumber belajar di sekolah . Saran untuk pengembang selanjutnya hendaknya dikembangkan lebih baik lagi tepat guna dan tepat sasaran sehingga dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/429

Actions (login required)

View Item View Item