Imroatin, Octaviarnis (2021) Hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah, komunikasi organisasi, komitmen organisasi dengan kinerja guru SMK Negeri di Kota Malang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kepala sekolah merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Kepala sekolah bertanggung jawab atas kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, sarana prasarana maupun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu, kepala sekolah perlu menerapkan gaya yang sesuai dengan karakteristik anggota dan dapat mengikuti zaman. Salah satu gaya tersebut adalah gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah tidak dapat terlepas dari komunikasi organisasi, komitmen organisasi, serta kinerja guru. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tingkat kepemimpinan transformasional kepala sekolah, (2) mendeskripsikan tingkat komunikasi organisasi, (3) mendeskripsikan tingkat komitmen organisasi, (4) mendeskripsikan tingkat kinerja guru, (5) mengetahui hubungan langsung antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan komitmen organisasi, (6) mengetahui hubungan langsung antara komunikasi organisasi dengan komitmen organisasi, (7) mengetahui hubungan langsung secara simultan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah, komunikasi organisasi dengan komitmen organisasi, (8) mengetahui hubungan langsung antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru, (9) mengetahui hubungan langsung antara komunikasi organisasi dengan kinerja guru, (10) mengetahui hubungan langsung antara komitmen organisasi dengan kinerja guru, (11) mengetahui hubungan tidak langsung antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru melalui komitmen organisasi, (12) mengetahui hubungan tidak langsung antara komunikasi organisasi dengan kinerja guru melalui komitmen organisasi, (13) mengetahui hubungan langsung secara simultan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi organisasi dengan kinerja guru melalui komitmen organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 427 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 207 orang. Peneliti menggunakan rumus Slovin untuk menentukan sampel dengan teknik Proportionate stratified random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Untuk mengecek validitas dan reliabilitas, peneliti menggunakan uji validitas pendapat ahli (judgment experts) dan dilanjutkan uji coba lapangan. Teknik analisis data menggunakan uji SPSS Product Moment Pearson. Kemudian untuk uji realibilitas, peneliti menggunakan Cronbach’s alpha. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Analisis data menggunakan mean dan uji analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini adalah (1) tingkat kepemimpinan transformasional kepala SMKN masuk dalam kategori tinggi, (2) tingkat komunikasi organisasi SMKN masuk dalam kategori tinggi, (3) tingkat komitmen organisasi SMKN masuk dalam kategori tinggi, (4) tingkat kinerja guru SMKN masuk dalam kategori sangat tinggi, (5) ada hubungan langsung dan signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan komitmen organisasi SMKN, (6) ada hubungan langsung dan signifikan antara komunikasi organisasi dengan komitmen organisasi SMKN, (7) ada hubungan langsung secara simultan dan signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah, komunikasi organisasi dengan komitmen organisasi SMKN, (8) tidak ada hubungan langsung dan signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru SMKN, (9) ada hubungan langsung dan signifikan antara komunikasi organisasi dengan kinerja guru SMKN, (10) ada hubungan langsung dan signifikan antara komitmen organisasi dengan kinerja guru SMKN, (11) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru SMKN melalui komitmen organisasi, (12) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara komunikasi organisasi dengan kinerja guru SMKN melalui komitmen organisasi, (13) ada hubungan langsung secara simultan dan signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi organisasi dengan kinerja guru SMKN melalui komitmen organisasi. Saran untuk kepala sekolah, penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi bagi kepala sekolah untuk mempertahankan kemampuan kepemimpinannya. Bagi guru, penelitian ini sarankan untuk mengoptimalkan dan mempertahankan kinerjanya. Bagi peneliti selanjutnya perlu memperhatikan variabel yang mempengaruhi kinerja seperti kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi organisasi, dan komitmen organisasi. Selain itu, peneliti juga menyarankan agar subyek penelitian dapat diperluas misalnya membandingkan guru PNS dan guru honorer sehingga dapat mengetahui perbedaan kinerjanya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Transformasional, Komunikasi Organisasi, Komitmen Organisasi, Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | mr magang UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 08:39 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 08:40 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4282 |
Actions (login required)
View Item |