Studi kasus kesulitan siswa STM Sinar Bhakti Trenggalek dalam belajar mata pelajaran Praktek Kerja Bangku <BR>oleh Ichwanu - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus kesulitan siswa STM Sinar Bhakti Trenggalek dalam belajar mata pelajaran Praktek Kerja Bangku <BR>oleh Ichwanu

Ichwanu (1993) Studi kasus kesulitan siswa STM Sinar Bhakti Trenggalek dalam belajar mata pelajaran Praktek Kerja Bangku <BR>oleh Ichwanu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fadlila Nurmaina. 2017. Studi Kasus Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Panjura Kota Malang Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Ro ufah Inayati S.Pd. M.Pd Kata Kunci Kesulitan belajar Faktor internal dan faktor eksternal Kesulitan belajar dipengaruhi oleh berbagai macam faktor baik faktor internal maupun eksternal. Berdasarkan hasil observasi bahwa kelas XI IPS pada saat kegiatan belajar mengajar terdapat siswa yang belum masuk kelas mengoperasikan handphone diberi tugas oleh guru tidak diselesaikan dengan baik kurang berkonsentrasi saat pembelajaran berlangsung saat ditunjuk guru disuruh menyebutkan jenis-jenis pajak tidak bisa menjawab dan guru masih menggunakan metode ceramah saat menjelaskan materi Pelajaran Ekonomi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah faktor internal apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Panjura Kota Malang Faktor eksternal apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Panjura Kota Malang dan Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Panjura Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk analisis mendalam dari masalah faktor internal dan eksternal apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Panjura Kota Malang. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS SMA Panjura Kota Malang. Pengambilan informan dilakukan secara purposive sebanyak 5 siswa kelas XI IPS. Pendekatan dan jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diproses melalui analisis data seperti Reduksi data display data verifikasi data dan pengambilan kesimpulan. Dan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan waktu dan triangulasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan yaitu Intelegensi siswa yang berada di rata-rata rendah siswa tidak berbakat di mata pelajaran ekonomi kurangnya minat motivasi kesiapan belajar dan kebiasaan belajar siswa yang hanya belajar saat ada PR dan mau ulangan. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI IPS adalah faktor lingkungan sekolah yaitu metode mengajar guru hanya menggunakan metode ceramah alat dan sumber belajar seperti kurangnya pendayagunaan media LCD dan minimnya ketersediaan buku ekonomi di perpustakaan sekolah. ABSTRACT Fadlila Nurmaina. 2017. Case Study Learning Difficulties Economics for XI IPS at SMA Panjura Malang Department of Development Economics State University of Malang. Supervisor Ro ufah Inayati S.Pd. M.Pd Keywords Learning difficulties Internal factors external factors Learning difficulties are influenced by various factors both internal and external factors. Based on the observation that the class XI IPS at the time of teaching and learning activities there are students who have not entered the class operate the mobile phone given the task by the teacher not completed properly less concentrated when the learning took place when appointed the teacher told the types of taxes do not bias answer And the teacher still uses the lecture method when explaining the lesson lesson. The problems studied in this research are the internal factors that affect the learning difficulties in the Economic Subject of the students of class XI IPS SMA Panjura Malang City External Factors of any kind that affect the Economic Subject of students class XI IPS SMA Panjura Malang City and How the efforts of teachers In overcoming the difficulties of learning on Economics Subject class XI IPS students SMA Panjura Malang. This research is aimed as a deep analysis the internal and external factors that affect the learning difficulties in the Economic Subject and the teacher s efforts in overcoming the difficulty of learning Economics Subject class XI IPS SMA Panjura Malang. This research was conducted in class XI IPS SMA Panjura Malang. Taking of informants was done purposively as many as 5 students of class XI IPS. The approach and type of research use qualitative descriptive and case studies.Data collection methods used are observation interview and documentation. The data obtained is then processed through data analysis such as data reduction data display data verification and conclusion. And checks the validity of the data using extension of time and triangulation. The results showed that internal factors that affect the learning difficulties in Economic Subject class XI IPS is the low talent interest motivation habit and readiness to learn. While the external factors that affect the learning difficulties in Economic Subject class XI IPS is the factor of school environment that is teaching method of teachers only using lecture method tools and learning resources such as lack of utilization of LCD media and lack of economic book availability in school library and low school discipline.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 1993 04:29
Last Modified: 09 Sep 1993 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42792

Actions (login required)

View Item View Item