Pengaruh pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa teknik mesin pada paket keahlian teknik Pemesinan di SMK Dwija Bhakti 1 Jombang / Rifal Ardiansah

Ardiansah, Rifal (2019) Pengaruh pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa teknik mesin pada paket keahlian teknik Pemesinan di SMK Dwija Bhakti 1 Jombang / Rifal Ardiansah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ardiansah, Rifal. 2018. Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Hasil Belajar Siswa Teknik Mesin pada Paket Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Dwija Bhakti 1 Jombang. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Suwarno, M.Pd. (II) Dr. Eddy Sutadji, M. Pd. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Hasil Belajar Siswa. Sumber daya manusia yang bermutu akan menentukan kemajuan suatu bangsa. Sekolah tidak hanya dituntut untuk mengutamakan aspek pengetahuan saja namun karakter yang luhur harus ditanamkan pada peserta didik salah satunya melalui program pendidikan karakter yang terintegrasi dalam setiap mata pelajaran, program pengembangan diri, dan budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengetahui pengaruh penerapan nilai karakter yang ada pada diri sendiri terhadap prestasi belajar; (2) mengetahui pengaruh penerapan nilai karakter yang berhubungan dengan individu lain terhadap prestasi belajar; (3) mengetahui pengaruh penerapan nilai karakter yang ada pada diri sendiri dan nilai karakter yang berhubungan dengan individu lain terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Dwija Bhakti 1 Jombang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dimana sampel yang diambil sebanyak 100 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan nilai praktik pemesinan siswa kelas XI SMK Dwija Bhakti 1 Jombang. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil, hipotesis pertama (H1) diketahui nilai sig untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar 0,004< 0,05 dan nilai t hitung 2,967 > 1,984. Pengujian hipotesis kedua (H2) diketahui nilai sig untuk pengaruh X2 terhadap Y adalah sebesar 0,043 < 0,05 dan nilai t hitung 2,053 > 1,984. Yang terakhir, hasil pengujian hipotesis ketiga (H3) diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y adalah sebesar 0,014 < 0,05 dan nilai F hitung 4.440 > F tabel 3,09. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa: (1) secara parsial implementasi pendidikan karakter yang ada dalam diri sendiri (X1) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (Y); (2) secara parsial implementasi pendidikan karakter yang berhubungan dengan individu lain (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (Y); (3) Secara simultan implementasi pendidikan karakter yang ada dalam diri sendiri (X1) dan yang berhubungan dengan individu lain (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (Y). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang ditunjukkan kepada: (1) bagi siswa hendaknya selalu menerapkan nilai karakter agar bisa meningkatkan hasil belajar; (2) bagi peneliti selanjutnya agar bisa lebih mengembangkan lagi penelitian ini dengan menggali lagi masalah-masalah yang timbul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42783

Actions (login required)

View Item View Item