Manajemen pengelolaan teaching factory bidang teknik pemesinan di SMK Islam 1 Blitar / Candra Hernawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pengelolaan teaching factory bidang teknik pemesinan di SMK Islam 1 Blitar / Candra Hernawan

Hernawan, Candra (2018) Manajemen pengelolaan teaching factory bidang teknik pemesinan di SMK Islam 1 Blitar / Candra Hernawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Hernawan Candra. 2018. Manajemen Pengelolaan Teaching Factory Bidang Teknik Pemesinan Di SMK Islam 1 Blitar. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sunomo M.Pd. (II) Duwi Leksono M.Pd. Kata Kunci manajemen pengelolaan teaching factory SMK Perkembangan dunia industri dinegara ini tidak dapat dipungkiri banyak sekali membutuhkan tenaga kerja profesional yang siap kerja di dunia industri banyak sekali perkembangan yang sangat pesat dibidang apapun contohnya pada bidang pemesinan yang sekarang banyak sekali perkembangan. Oleh karena perkembangan yang ada pihak industri selalu membutuhkan tenaga kerja yang produktif dan mampu memberikan kontribusi tinggi untuk dunia industri ataupun tempat industrinya. Dalam hal ini Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu badan institusi pendidikan yang bertujuan mencetak tenaga kerja yang diharapkan tersebut. Salah satu langkah SMK untuk mempersiapkannya yaitu dengan dilaksanakannya teaching factory. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan manajemen pengelolaan teaching factory bidang teknik pemesinan di SMK Islam 1 Blitar yang meliputi pengorganisasian pelaksanaan dan pengawasan teaching factory. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah Ketua Teaching Factory dan Ketua Program Keahlian Teknik Pemesinan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data display data serta pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pengorganisasian teaching factory meliputi Kepala sekolah sebagai penanggung jawab utama wakil sarana dan prasaran sebagai ketua teaching factory dan masing-masing kepala program keahlian sebagai penanggung jawab di setiap jurusan. Siswa sebagai pelaksana langsung dalam pembuatan benda kerja yang di awasi dan dibantu oleh guru. Pelaksanaan teaching factory dilakukan bersamaan dengan proses belajar mengajar di bengkel dengan menggunakan sistem blok. Pengawasan dilakukan oleh pihak sekolah dan industri dimana dalam hal ini guru sebagai pengawas langsung saat pelaksanaan teaching factory di sekolah. Bagi SMK Islam 1 Blitar sarana dan prasarana yang sudah tersedia untuk dimanfaatkan dengan maksimal mesin yang kepresisiannya melenceng jauh diharapkan untuk dapat diadakan pengadaan alat baru karena untuk menjaga kualitas dari hasil yang telah dikerjakan. Diharapkan dapat meningkatkan kepedulian terhadap proses produksi serta pelaksanaan teaching factory di sekolah. Serta kerjasama yang ada baik di sekolah maupun dengan DU/DI untuk peningkatan pelaksanaan teaching factory.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42778

Actions (login required)

View Item View Item