Analisis kekuatan tarik dan morfologi patahan Al-Si berpenguat nanomaterial alumina (Al2O3) / Andi Hartanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kekuatan tarik dan morfologi patahan Al-Si berpenguat nanomaterial alumina (Al2O3) / Andi Hartanto

Hartanto, Andi (2018) Analisis kekuatan tarik dan morfologi patahan Al-Si berpenguat nanomaterial alumina (Al2O3) / Andi Hartanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Hartanto Andi. 2018. Analisis Kekuatan Tarik dan Morfologi Patahan Al-Si Berpenguat Nanomaterial Alumina (Al2O3). Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Rr. Poppy Puspitasari S.Pd. M.T. Ph.D. (II) Drs. Maftuchin Romlie M.Pd. Kata Kunci Patahan Aluminium Silikon Nanomaterial Alumina Uji Tarik Aluminium Silikon merupakan logam yang banyak digunakan dalam berbagai aplikasi mulai dari industri otomotif dan pesawat terbang. Aluminium Silikon dapat dibentuk dengan proses penuangan atau pencetakan. Dalam proses pengecoran aluminium silikon perlu ditambahkan bahan penguat untuk meningkatkan sifat mekanisnya. Salah satu jenis bahan penguat yang bisa digunakan adalah Nanomaterial Alumina (Al2O3). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan tarik pada paduan aluminium silikon (Al-Si) dengan variasi penambahan bahan penguat Nanomaterial Alumina (Al2O3). Variasi penelitian tersebut dibagi menjadi 5 jenis dan di analisis dengan menggunakan metode Deskriptif dan juga One Way Anova. Metode pembuatan spesimen adalah stir casting dengan menggunakan cetakan permanen. Kekuatan material paduan Al-Si dapat diketahui dengan uji tarik. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dan One Way Anova yang diolah dengan IBM SPSS Statistics 22. Dari hasil uji one way anova menyatakan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan akibat penambahan Nanomaterial Alumina terhadap kekuatan tarik paduan Al-Si. Variasi bahan penguat Nanomaterial Alumina adalah 0% 0 05% 0 1% 0 15% dan 0 2%. Kekuatan tarik tertinggi mencapai 18 56 kgf/mm2 dengan variasi bahan penguat Nanomaterial Alumina sebesar 0 15%. Bentuk patahan yang terjadi pada variasi 0 15% adalah patahan getas. Struktur mikro yang ada pada variasi 0 15% terdiri dari dendrit aluminium dan silikon primer dimana bentuk struktur butir yang terbentuk tidak beraturan dan rapat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42772

Actions (login required)

View Item View Item