Korelasi peran guru dan penguasaan teori siswa dengan hasil belajar mata pelajaran praktik pemesinan bubut siswa kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Turen / Abdul Qodir al-Jailany - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi peran guru dan penguasaan teori siswa dengan hasil belajar mata pelajaran praktik pemesinan bubut siswa kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Turen / Abdul Qodir al-Jailany

Al-Jailany, Abdul Qodir (2018) Korelasi peran guru dan penguasaan teori siswa dengan hasil belajar mata pelajaran praktik pemesinan bubut siswa kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Turen / Abdul Qodir al-Jailany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Al-Jailany Abdul Qodir. 2018. Korelasi Peran Guru dan Penguasaan Teori Siswa dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Praktik Pemesinan Bubut Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Turen. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat S.T. M.Pd. (II) Marsono S.Pd.T. M.Pd. Ph.D. Kata Kunci peran guru penguasaan teori siswa hasil belajar praktik pemesinan bubut Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peran penting dalam mempersiapkan dan mengembangkan siswa menjadi tenaga terampil mandiri dan produktif yang dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja di berbagai bidang pekerjaan. Dalam suatu pembelajaran di SMK untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal guru memegang peran yang sangat penting karena bagaimanapun hebatnya teknologi peran guru tidak dapat dikesampingkan. Selain peran guru penguasaan teori siswa juga sangat berpengaruh terhadap hasil belajar praktikum. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional dan teknik analisis regresi. Variabel bebas penelitian adalah peran guru (X1) penguasaan teori siswa (X2) sebagai variabel bebas dan hasil belajar mata pelajaran praktik pemesinan bubut (Y) sebagai variabel terikat. Populasinya seluruh siswa SMK Teknik Pemesinan kelas XI tahun ajaran 2017/2018 di SMK Turen. Sampel penelitian berjumlah 80 siswa menggunakan teknik sampling (proportion random sampling). Instrumen yang digunakan adalah angket tes dan dokumentasi nilai siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data yang terdiri dari analisis deskriptif uji prasyarat (normalitas linieritas heterokedastisitas multikorelasi) dan regresi (regresi linier sederhana dan regresi linier berganda). Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat korelasi antara peran guru dengan hasil belajar mata pelajaran praktik pemesinan bubut siswa kelas XI besarnya korelasi adalah 5 7% (2) terdapat korelasi antara penguasaan teori siswa dengan hasil belajar mata pelajaran praktik pemesinan bubut siswa kelas XI besarnya korelasi adalah 16 1% (3) terdapat korelasi antara peran guru dan penguasaan teori siswa dengan hasil belajar mata pelajaran praktik pemesinan bubut siswa kelas XI besarnya korelasi adalah 19 2%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42770

Actions (login required)

View Item View Item