Putri Permata (2010) Tingkat partisipasi orangtua terhadap pembelajaran anak ditinjau dari status sosial ekonomi di Sekolah Dasar Negeri Ketapang I Probolinggo / Putri Permata Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari Putri Permata. 2010.Tingkat Partisipasi Orangtua Terhadap Pembelajaran Kata kunci partisipasi orangtua status sosial ekonomi dan pembelajaran anak. Keberhasilan pembangunan di bidang pendidikan tidak hanya tergantung pada kemampuan guru dalam mengajar tetapi juga tergantung dari ada tidaknya kesadaran masyarakat yang ada di sekolah. Disamping itu keberhasilan belajar siswa juga ditentukan orangtua dan masyarakat. Setiap orangtua ikut memberikan partisipasi dalam kegiatan belajar putra-putrinya dengan cara yang berbeda-beda. Adanya perbedaan tersebut disebabkan karena latar belakang keluarga yang berbeda pula. Keadaan status sosial ekonomi orangtua penting terhadap perkembangan pendidikan anak-anaknya karena dengan perekonomian yang cukup di dalam keluarga tersebut maka anak mendapat kesempatan yang lebih luas untuk mendapatkan fasilitas sebagai bagian dari partisipasi orang tua dalam pembelajaran anak. Oleh karena itu keadaan status sosial ekonomi orangtua akan dijadikan pertimbangan dalam menentukan tingkat partisipasi orangtua dalam pembelajaran anak. Berdasarkan latar belakang maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana partisipasi orangtua terhadap pembelajaran anak ditinjau dari status sosial ekonomi di SDN Ketapang I Probolinggo (2) Bagaimana tingkat status sosial ekonomi orangtua siswa di SDN Ketapang I Probolinggo (3) Apakah terdapat hubungan antara tingkat partisipasi orangtua ditinjau dari pendidikan terhadap pembelajaran anak di SDN Ketapang I Probolinggo (4) Apakah terdapat hubungan antara tingkat partisipasi orangtua ditinjau dari penghasilan terhadap pembelajaran anak di SDN Ketapang I Probolinggo (5) Apakah terdapat hubungan antara tingkat partisipasi orangtua ditinjau dari pekerjaan dan penghasilan terhadap pembelajaran anak di SDN Ketapang I Probolinggo Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) partisipasi orangtua terhadap pembelajaran anak ditinjau dari status sosial ekonomi di SDN Ketapang I Probolinggo. (2) tingkat status sosial ekonomi orangtua siswa di SDN Ketapang I Probolinggo. (3) hubungan antara tingkat partisipasi orangtua ditinjau dari pendidikan terhadap pembelajaran anak di SDN Ketapang I Probolinggo. (4) hubungan antara tingkat partisipasi orangtua ditinjau dari penghasilan terhadap pembelajaran anak di SDN Ketapang I Probolinggo. (5) hubungan antara tingkat partisipasi orangtua ditinjau dari pekerjaan dan penghasilan terhadap pembelajaran anak di SDN Ketapang I Probolinggo. i Teknik analisis yang digunakan dalam penulisan ini terdiri atas (1) analisis deskripitif (2) analisis korelasi Tau Kendall s dan (3) analisis koefisien kontingensi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan suatu kesimpulan sebagai berikut (1) Partisipasi orangtua terhadap pembelajaran anak ditinjau dari status sosial ekonomi di SDN Ketapang I Probolinggo masuk dalam kategori sangat tinggi. (2) Tingkat status sosial ekonomi orangtua siswa di SDN Ketapang I Probolinggo orangtua siswa yang memiliki penghasilan sebesar Rp. 500.000 - sampai dengan 750.000 berada pada persentase tertinggi bekerja sebagai wirausaha/wiraswasta dan memiliki tingkat pendidikan SMU. (3) Terdapat hubungan antara tingkat partisipasi orangtua ditinjau dari pendidikan terhadap pembelajaran anak di SDN Ketapang I Probolinggo. (4) Terdapat hubungan antara tingkat partisipasi orangtua ditinjau dari penghasilan terhadap pembelajaran anak di SDN Ketapang I Probolinggo. (5) Terdapat hubungan antara tingkat partisipasi orangtua ditinjau dari pekerjaan dan penghasilan terhadap pembelajaran anak di SDN Ketapang I Probolinggo. Berdasarkan kesimpulan maka disampaikan saran kepada (1) kepala sekolah yaitu hendaknya dalam usaha meningkatkan partisipasi orangtua diharapkan berupaya untuk memberikan dukungan sepenuhnya kepada orangtua siswa. Usaha nyata yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan bea siswa kepada siswa yang benar-benar membutuhkan sehingga proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang diharapkan (2) Bagi orangtua yaitu hendaknya orangtua selalu berupaya untuk berpartisipasi sesuai dengan penghasilan yang diperoleh pekerjaan dan tingkat pendidikan yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran anak (3) Bagi Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan referensi tambahan untuk jurusan dalam pengembangan perkuliahan manajemen hubungan masyarakat (4) Bagi peneliti selanjutnya yang berminat untuk melanjutkan penulisan ini diharapkan untuk menyempurnakannya yaitu dengan menggunakan variabel lain yang terkait dengan pembelajaran siswa sehingga penelitian ini dapat lebih berkembang dan memperluas wawasan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |