Pengembangan media pembelajaran berbasis flip e-book pada materi pengerjaan logam dalam mata pelajaran teknologi mekanik kelas X Teknik Pemesinan SMKN 01 Singosari / M. Cholid Aldiansyah

Aldiansyah, M. Cholid (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis flip e-book pada materi pengerjaan logam dalam mata pelajaran teknologi mekanik kelas X Teknik Pemesinan SMKN 01 Singosari / M. Cholid Aldiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aldiansyah, M. Cholid. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip E-Book pada Materi Pengerjaan Logam dalam Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Kelas X Teknik Pemesinan SMKN 01 Singosari. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Yoto, S.T., M.Pd., M.M., (II) Drs. Solichin, S.T., M.Kes. Kata Kunci: Flip E-Book, Materi Pengerjaan Logam, Teknologi Mekanik. SMK Negeri 1 Singosari sebagai salah satu lembaga pendidikan kejuruan terbaik di kota Malang bertujuan mencetak generasi penuh inovasi, terampil dan kompeten dibidangnya. Untuk mencapai tujuan tersebut sangat ditentukan dengan proses pembelajaran yang efektif. Oleh karena itu, penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran salah satunya dengan media flip e-book. Proses pengembangan media pembelajaran flip e-book menggunakan model Sadiman yakni dengan tahapan-tahapan yang meliputi identifikasi kebutuhan, perumusan tujuan, perumusan butir-butir materi, perumusan alat pengukur keberhasilan, penulisan naskah media, tes/uji coba, revisi dan naskah siap produksi. Sebelum di uji coba produk harus di validasi oleh ahli media dan ahli materi dengan mengisi angket penilaian yang bersifat semi tertutup dengan skala linkert. Selanjutnya media akan di uji coba ke para siswa kelas X SMKN 1 Singosari yang dibagi menjadi uji coba kelompok kecil (10 siswa) dan uji coba kelompok besar (25 siswa), selanjutnya hasil uji coba di analisis dan diukur dengan skala validitas. Hasil analisis data dan skala validitas, media pembelajaran flip e-book dinyatakan sangat valid dengan hasil validasi ahli media sebesar 84,21%, validasi ahli materi sebesar 86,11%, uji kelompok kecil sebesar 79,53%, dan uji kelompok besar yakni 79,94%. Hasil uji coba yang menunjukkan hasil positif maka disimpulkan bahwa media pembelajaran flip e-book materi pengerjaan logam pada mata pelajaran teknologi mekanik kelas X teknik pemesinan SMKN 1 Singosari dapat diproduksi dan dibuatkan media berbentuk compact disk. Namun demikian media ini masih memiliki kekurangan seperti pengoperasiannya harus menggunakan seperangkat komputer standart yang dianjurkan flip e-book dan tulisan pada media akan sulit terbaca jika ditampilkan menggunakan layar proyektor. Media ini bisa dikembangkan lebih baik dan luas karena media pembelajaran ini masih mencangkup materi pengerjaan logam dengan mesin konvensional maka selanjutnya bisa dilengkapi dengan proses pengerjaan dengan mesin yang lebih modern berbasis program komputer, media pembelajaran flip e-book ini merupakan media pembelajaran yang memiliki kelebihan fungsi yang berupa multi-link sehingga, dapat dikembangkan lebih lanjut dengan menggabungkan video tutorial khususnya untuk mata pelajaran produktif dalam pengoperasian mesin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42768

Actions (login required)

View Item View Item