Pelaksanaan program bina diri memasak bagi siswa berkebutuhan khusus di SMP Negeri 4 Sidoarjo / Lina Mei Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan program bina diri memasak bagi siswa berkebutuhan khusus di SMP Negeri 4 Sidoarjo / Lina Mei Wulandari

Wulandari, Lina Mei (2018) Pelaksanaan program bina diri memasak bagi siswa berkebutuhan khusus di SMP Negeri 4 Sidoarjo / Lina Mei Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Wulandari Lina Mei. 2018. Pelaksanaan Program Bina Memasak Diri Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di SMP Negeri 4 Sidoarjo. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.M.Shodiq AM M.Pd (2) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. Kata Kunci Bina Diri Memasak Inklusi Banyak sekolah inklusi yang hanya memperhatikan layanan akademik anak berkebutuhan khusus saja padahal mereka memiliki kebutuhan dasar yang tidak mampu dipenuhi karena keterbatasan yang dimilikinya. Salah satu program yang bisa membantu anak berkebutuhan khusus dalam pemenuhan kebutuhan dasar secara mandiri adalah bina diri. Maka sudah seharusnya sekolah yang menerima anak berkebutuhan khusus melaksanakan program bina diri seusai karakteristik anak berkebutuhan khusus. SMP Negeri 4 Sidoarjo merupakan sekolah penyelenggara inklusi yang melaksanakan program bina diri bagi anak bekrebutuhan khusus salah satunya adalah memasak. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripskann (1) pelaksanaan program bina diri memasak (2) kendala pelaksanaan program bina diri memasak (3) upaya mengatasi kendala pelaksanaan program bina diri memasak dan (4) dampak pelaksanaan program bina diri memasak. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan melalui tahapan reduksi penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa (1) pelaksanaan program bina diri memasak meliputi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dilakukan melalui rapat koordinasi 1 dan II. Pelaksanaan pembelajaran memasak terdiri dari dua pertemuan pembelajaran yaitu penyampaian materi (mengenai bahan alat dan langkah memasak) dan praktik memasak. Evaluasi terdiri dari evaluasi program dan evaluasi hasil belajar. (2) Kendala pelaksanaan program bina diri memasak yaitu siswa lupa adanya jadwal pull out memasak suasana hati siswa tidak menentu dan jadwal pelaksanaan program bina diri terbentur kegiatan sekolah. (3) Upaya mengatasi kendala pelaksanaan program bina diri memasak antara lain mengingatkan siswa dan wali murid satu hari sebelum pembelajaran memasak atau guru pembimbing khusus menjemput satu persatu siswa di kelas reguler guru pembimbing khusus membujuk siswa sesuai dengan karakteristiknya dan mengundur pelaksanaan atau merubah jumlah kelompok. (4) Dampak dari pelaksanaan bina diri memasak adalah kemandirian kemampuan motorik halus jiwa kewirausahaan dan pemahaman tentang uang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pelaksanaan program bina diri memasak bagi siswa berkebutuhan khusus di SMP Negeri 4 Sidoarjo sudah berjalan dengan baik dan sesuai. Saran dalam penelitian ini diperuntukkan kepada (1) guru pembimbing khusus agar pengawasan dan perhatian dalam pelaksanaan program bina diri memasak lebih ditingkatkan (2) kepala sekolah agar dapat melakukan kerja sama dengan pihak kantin sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42762

Actions (login required)

View Item View Item