Persepsi peserta terhadap pengelolaan Program Guru Keahlian Ganda di SMKN 1 Blitar / Muhammad Sayful - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi peserta terhadap pengelolaan Program Guru Keahlian Ganda di SMKN 1 Blitar / Muhammad Sayful

Sayful, Muhammad (2018) Persepsi peserta terhadap pengelolaan Program Guru Keahlian Ganda di SMKN 1 Blitar / Muhammad Sayful. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Sayful Muhammad. 2018. Persepsi Peserta terhadap Pengelolaan Program Guru Keahlian Ganda di SMKN 1 Blitar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Yoto S.T. M.Pd. M.M. (II) Dr. Hj. Widiyanti M.Pd. Kata Kunci Guru Keahlian Ganda SMK Guru Profesional. SMK merupakan salah satu dari pendidikan formal yang bertujuan untuk menghasilkan generasi yang siap kerja berkompeten dan berdaya saing. Untuk mencapai tujuan tersebut SMK membuka berbagai macam jurusan dan program keahlian yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri saat ini. Saat ini SMK merupakan jalur pendidikan yang gencar-gencarnya dikembangkan oleh pemerintah sehingga banyak SMK dan jurusan-jurusan baru yang didirikan. Oleh karena itu kebutuhan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan akan meningkat khususnya guru. Guru merupakan komponen yang tidak dapat dilepaskan dari sistem pendidikan secara keseluruhan. Menurut Kemendikbud kondisi di tahun 2016 masih terdapat kekurangan guru di SMK khususnya guru produktif. Dari data yang telah dihimpun Kemendikbud guru produktif SMK kekurangan sejumlah 91.861 dengan rincian 41.861 untuk SMK Negeri dan di SMK Swasta kekurangan 50.000 guru produktif. Salah satu cara untuk mengatasi kekurang tersebut adalah dengan Program Guru Keahlian Ganda (PGKG). Diharapkan dengan program tersebut akan mampu memenuhi kekurangan guru produktif SMK di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterlaksanaan PGKG di SMKN 1 Blitar pada beberapa tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan dan evaluasi PGKG. Pada penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah guru peserta PGKG di SMKN 1 Blitar yang berjumlah 30 guru. Pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dengan 4 alternatif jawaban yaitu sangat baik baik kurang baik dan tidak baik.. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan mengacu pada interval pencapaian yang telah dibuat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama tingkat keterlaksanaan PGKG pada tahap perencanaan dilihat dari tiap item soal menunjukkan rata-rata skor sebesar 92.7 yang termasuk kategori baik namun pada item soal nomor 1 mendapat skor 74 yang artinya kurang baik. Kemudian jika dilihat dari keseluruhan jawaban responden mengenai tahap perencanaan ini 29 responden masuk kategori baik dan 1 responden kategori sangat baik. Selanjutnya tingkat keterlaksanaan PGKG pada tahap pelaksanaan dilihat dari tiap item soal menunjukkan rata-rata skor sebesar 90.42 yang termasuk kategori baik namun pada item soal nomor 13 21 22 dan 26 termasuk kategori kurang baik. Kemudian jika dilihat dari keseluruhan jawaban responden mengenai tahap perencanaan ini 30 responden masuk kategori baik. Ketiga adalah tingkat keterlaksanaan PGKG pada tahap evaluasi dilihat dari tiap item soal menunjukkan rata-rata skor sebesar 91.55 yang termasuk kategori baik namun pada item soal nomor 35 36 dan 37 termasuk kategori kurang baik. Kemudian jika dilihat dari vi keseluruhan jawaban responden mengenai tahap perencanaan ini 29 responden masuk kategori baik dan 1 responden kategori sangat baik. Simpulan dalam penelitian ini adalah pengelolaan dari program guru keahlian ganda sudah baik. Adapun saran untuk peneliti selanjutnya yang tertarik mengangkat tema penelitian guru keahlian ganda adalah untuk lebih fokus terhadap evaluasi program PGKG untuk mengetahui tujuan dari program yang diharapkan oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42758

Actions (login required)

View Item View Item