Kesiapan technological pedagogical and content knowledge calon guru bidang teknik di Universitas Negeri Malang / Ulum Furqon Arbiyanto

Arbiyanto, Ulum Furqon (2018) Kesiapan technological pedagogical and content knowledge calon guru bidang teknik di Universitas Negeri Malang / Ulum Furqon Arbiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Arbiyanto U. 2018. Kesiapan Technological Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Bidang Teknik di Universitas Negeri Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Widiyanti M.Pd. (II) Didik Nurhadi M.Pd. Ph.D. Kata Kunci Technological knowledge Pedagogical knowledge Content knowledge Calon Guru TPACK Penelitian bertujuan untuk mengetahui kesiapan technological pedagogical content knowledge calon guru bidang teknik di Universitas Negeri Malang. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat sejauh mana pengetahuan tentang TPACK yang ada pada calon guru bidang pendidikan di fakultas teknik. Pendidikan calon guru di fakultas teknik diharapkan menjadi guru yang terampil mengajar efektif menguasai materi dalam bidangnya dan mampu memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru bidang teknik angkatan 2014 sejumlah 190 mahasiswa yang berasal dari tujuh program studi yaitu S1 Pendidikan Teknik Mesin S1 Pendidikan Teknik Otomotif S1 Pendidikan Teknik Bangunan S1 Pendidikan Teknik Elektro S1 Pendidikan Teknik Industri S1 Pendidikan Tata Busana dan S1 Pendidikan Tata Boga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket secara online dan wawancara tidak terstruktur. Hasil data angket yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas menggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian yang telah dilakukan kepada mahasiswa calon guru bidang teknik di Universitas Negeri Malang diperoleh kesiapan technological knowledge dalam kategori baik (42%) kesiapan pedagogical knowledge dalam kategori cukup (34%) content knowledge dalam kategori baik (46%) kesiapan technological content knowledge dalam kategori sangat baik (43%) kesiapan pedagogical content knowledge dalam kategori baik (43%) kesiapan technological pedagogical knowledge dalam kategori baik (40%) dan kesiapan technological pedagogical content knowledge dalam kategori cukup (49%). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dari ketujuh item yang terdapat pada TPACK calon guru masih perlu ditingkatkan pada beberapa aspek penguasaan materi dalam pembelajaran pedagogik dan teknologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42757

Actions (login required)

View Item View Item