Studi kelayakan tentang sarana dan prasarana praktik pemesinan di SMK Negeri 1 Jenangan sebagai SMK Rujukan di Ponorogo (berdasarkan Permen No. 40 tahun 2008) / Syahrul Ardianto

Ardianto, Syahrul (2018) Studi kelayakan tentang sarana dan prasarana praktik pemesinan di SMK Negeri 1 Jenangan sebagai SMK Rujukan di Ponorogo (berdasarkan Permen No. 40 tahun 2008) / Syahrul Ardianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ardianto Syahrul. 2018. Study Kelayakan Tentang Sarana dan Prasarana Praktik Pemesinan di SMK Negeri 1 Jenangan sebagai SMK Rujukan Di Ponorogo (Berdasarkan Permen No 40 Tahun 2008). Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahono S.ST. M.Pd. (II) Drs. Basuki M.Pd. Kata Kunci Sarana dan Prasarana SMK Kelayakan Bengkel Pemesinan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu institusi pendidikan formal tingkat menengah yang bertujuan menyiapkan tenaga kerja dan wirausaha yang profesional memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri. Sebagai SMK rujukan di wilayah Ponorogo maka pemenuhan sarana dan prasarana pada bengkel khususnya bengkel pemesinan di SMK Negeri 1 Jenangan harus tersedia sesuai dengan standar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kelayakan bengkel praktik pemesinan yang meliputi (1) Tingkat kelayakan sarana dan prasarana ruang bengkel praktik pemesinan yang disesuaikan dengan standar (2) Tingkat kelayakan sarana dan prasarana pendukung bengkel pemesinan. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik purposive sample. Selanjutnya subjek penelitian adalah wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana ketua program keahlian kepala bengkel dan laboran (tool man) di SMKN Jenangan Ponorogo. Selain itu Objek penelitian adalah bengkel pemesinan di SMKN Jenangan Ponorogo. Proses pengumpulan data menggunakan instrumen observasi dokumen dan wawancara. Validitas yang digunakan adalah jenis validitas konstruksi kemudia analisa data menggunakan persentase. Hasil kelayakan sarana dan prasarana pada bengkel pemesinan meliputi Area kerja bangku Ruang pengukuran dan pengujian logam area kerja mesin bubut dapat Area kerja mesin frais Ruang penyimpanan dan intruktur dinyatakan sangat layak sedangkan Area kerja mesin gerinda dan Ruang kerja pengepasan dinyatakan layak. Tingkat kelayakan ruang bengkel pemesinan secara umum dapat dinyatakan sangat layak. Selanjutnya kelayakan sarana dan prasarana pendukun bengkel pemesinan meliputi ventilasi penerangan keadaan perlatan/mesin jumlah mesin perlengkapan K3 rasio jumlah perlengkapan K3 dan pendukung bengkel pemesinan secara umum dinyatakan sangat layak. Dengan demikian tingkat kelayakan sarana dan prasarana bengkel pemesinan SMKN 1 Jenangan dinyatakan sangat layak sehingga patut dijadikan SMK rujukan di Ponorogo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42755

Actions (login required)

View Item View Item