Pengembangan media pembelajaran metrologi interaktif berbasis Flash di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen untuk teknik pemesinan / Ahmad Kamal Annajihin

Annajihin, Ahmad Kamal (2018) Pengembangan media pembelajaran metrologi interaktif berbasis Flash di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen untuk teknik pemesinan / Ahmad Kamal Annajihin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Annajihin Ahmad Kamal. 2018. Pengembangan media pembelajaran metrologi interaktif berbasis flash di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen untuk teknik pemesinan. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sunomo Dr. H M.Pd. (II) Basuki Drs. M.Pd. Kata kunci Pengembangan Metrologi Jangka Sorong Mikrometer Pada awal semester pendidikan di SMK peserta didik akan dikenalkan pada alat jangka sorong dan mikrometer. Dengan berkembangnya teknologi dalam dunia aplikasi multimedia terlebih ada aplikasi yang menyajikan multimadia yang ringan dan interaktif yaitu Adobe Flash Player peneliti bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang berfokus pada metrologi khususnya alat ukur jangka sorong dan mikrometer. Pengembangan dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen guna menunjang sarana pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran metrologi ini mengadopsi model pengembangan ADDIE. Tahapan model ADDIE diantaranya adalah 1) analisis 2) desain 3) pengembangan 4) implementasi 5) evaluasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner) yang diberikan kepada ahli media ahli materi dan ujicoba kelompok kecil dengan 20 responden (peserta didik). Data yang diperoleh dari hasil observasi berupa data kualitatif yang dianggap sebagai data awal dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil penskoran data analisis kebutuhan menunjukkan perlu adanya pengembangan media pembelajaran metrologi data hasil validasi berupa kuantitatif kemudian diterjemahkan kevalidannya. Hasil validasi isi terhadap kelayakan dan kemudahan penggunaan media pembelajaran ini menunjukkan hasil yang valid. Hasil validasi ahli media 83 6% hasil validasi ahli materi 98 9% dan hasil ujicoba kelompok kecil 90 5%. Media pembelajaran metrologi ini terdiri dari tiga menu diantaranya materi latihan dan test. Materi berisi tentang pengetahuan dasar alat ukur jangka sorong dan mikrometer latihan berisi tentang uji coba cara membaca skala dengan jawaban test berisi tentang uji coba cara membaca skala tanpa jawaban. Pengoptimalan penggunaan media pembelajaran metrologi ini difasilitasi komputer atau laptop sepesifikasi minimal intel pentium IV RAM 512 MB Hardisk 40 GB dan Monitor SVGA 1024x768 pixel. Pendidik dapat bertindak sebagai pembimbing jika pembelajaran teori dilakukan didalam kelas dengan media laptop/komputer dan LCD Proyektor. Penggunaan produk media sebagai praktisi pendidikan dikalangan SMK atau SMA khususnya SMK jurusan pemesinan untuk mempermudah mempelajari dan memahami alat ukur khususnya jangka sorong dan mikrometer guna menyambut persaingan industri global.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42749

Actions (login required)

View Item View Item