Pengaruh Metode Penyayatan Laju Tinggi dan Sudut Buang Pahat terhadap Kekasaran Permukaan Hasil Bubut Rata Menggunakan Pahat HSS pada Bahan Bronze / Muhammad Farid Irvan

Irvan, Muhammad Farid (2018) Pengaruh Metode Penyayatan Laju Tinggi dan Sudut Buang Pahat terhadap Kekasaran Permukaan Hasil Bubut Rata Menggunakan Pahat HSS pada Bahan Bronze / Muhammad Farid Irvan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Irvan Muhammad Farid. 2018. Pengaruh Metode Penyayatan Laju Tinggi dan Sudut Buang Pahat terhadap Kekasaran Permukaan Hasil Bubut Rata Menggunakan Pahat HSS pada Bahan Bronze. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Abdul Qolik M.M. M.Pd. (2) Drs. Basuki M.Pd. Kata Kunci kecepatan putaran spindle gerak makan sudut buang pahat HSS kekasaran permukaan Proses bubut adalah proses pemesinan untuk menghasilkan bagian-bagian mesin berbentuk silindris yang dikerjakan dengan mesin bubut. Parameter pembubutan terdiri dari gerak makan kedalaman potong kecepatan putar spindel kecepatan pemotongan dan kecepatan penghasilan geram. Bronze merupakan suatu paduan logam yang berbasis tembaga dengan timah sebagai aditif utama. Kekasaran permukaan adalah penyimpangan yang disebabkan oleh kondisi pemotongan dari proses pemesinan. Penelitian ini dilakukan untuk mengentahui pengaruh kecepatan putaran spindel gerak makan dan sudut buang pahat terhadap kekasaran bahan Bronze. Hal ini dapat memaksimalkan hasil produksi. Hasil penelitian ini untuk memperoleh nilai kekasaran permukaan bronze yang rendah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kecepatan putaran spindle gerak makan dan sudut buang pahat hss. Kecepatan putaran spindle yang digunakan variasi 630 rpm 920 rpm dan 1250 rpm. Gerak makan variasi yang digunakan 0.050 mm/rev 0.100 mm/rev dan 0.200 mm/rev. Variasi sudut buang pahat hss yang digunakan 3 730 10 730 dan 20 730 . Variabel terikat pada penelitian ini adalah kekasaran permukaan pada hasil pembubutan bahan bronze. Variabel kontrol pada penelitian ini adalah tidak menggunakan pendingin. Kedalaman pemakanan pada penelitian ini sebesar 0 5 mm. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecepatan putaran spindle rata-rata yang paling halus pada kecepatan 1250 rpm dengan nilai Ra 0.59 956 m. Gerak makan paling baik pada 0.050 mm/rev dengan nilai Ra 0.59 956 m. Sudut buang pahat yang memiliki kekasaran paling rendah pada sudut 3 730 dengan nilai Ra 0.59 956 m. Dari ketiga variabel bebas berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kekasaran permukaan pada proses pembubutan bahan bronze. Hasil penelitian ini juga didapatkan bahwa variasi yang paling halus didapat pada kecepatan putaran spindle 1250 rpm gerak makan 0.050 mm/rev dan sudut buang pahat 3 730 dengan hasil kekasaran Ra 0.59 956 m.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42748

Actions (login required)

View Item View Item