Hubungan kemampuan kognitif, afektif, dan lingkungan belajar dengan kemampuan psikomotorik mata pelajaran gamabr teknik siswa Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Islam 1 Blitar / Firman Alif

Alif, Firman (2018) Hubungan kemampuan kognitif, afektif, dan lingkungan belajar dengan kemampuan psikomotorik mata pelajaran gamabr teknik siswa Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Islam 1 Blitar / Firman Alif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Alif Firman. 2015. Hubungan Kemampuan Kognitif Afektif dan Lingkungan Belajar Dengan Kemampuan Psikomotorik Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Islam 1 Blitar. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A. (II) Drs. Basuki M.Pd. Kata kunci kemampuan kognitif kemampuan afektif lingkungan belajar kemampuan psikomotorik SMK Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai satuan pendidikan kejuruan tingkat menengah memiliki peranbesar dalam merencanakan dan menciptakan SDM yang profesional dan produktif. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu lembaga pendidikan yang mempunya imisi menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah yang mampu mengisi lapangan kerja dan berkualitas professional diharapkan mampu berperan sebagai ala tunggu lan bagi industri-industri Indonesia dalam menghadapi persaingan global. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran kemampuan kognitif kemampuan afektif lingkungan belajar dan kemampuan psikomotorik mata pelajaran gambar teknik siswa (2) untuk mengetahui adakah hubungan kemampuan kognitif dengan kemampuan psikomotorik siswa (3) untuk mengetahui adakah hubungan kemampuan afektif dengan kemampuan psikomotorik teknik siswa (4) untuk mengetahui adakah hubungan lingkungan belajar dengan kemampuan psikomotorik siswa(5) untuk mengetahui adakah hubungan kemampuan kognitif afektif dan lingkungan belajar secara bersama-sama dengan kemampuan psikomotorik siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Islam 1 Blitar tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh empat simpulan sebagai berikut.Pertama kemampuan kognitif berada pada kualifikasi tinggi (72%) kemampuan afektif berada pada kualifikasi tinggi (50 7%) lingkungan belajar berada pada rentang kualifikasi tinggi (67 8%) dan kemampuan psikomotorik berada pada kualifikasi tinggi (80 9%). Kedua terdapat hubungan positif signifikan secara bersama-sama kemampuan kognitf afektif dan lingkungan belajar dengan kemampuan psikomotorik (Fhitung 7 164dan sig. 0 000). Ketiga terdapat hubungan positif signifikan kemampuan kognitif dengan kemampuan psikomotorik (koefisien korelasi parsial 0 164 dan sig. 0 044). Keempat terdapat hubunga positif signifikan kemampuan afektif dengan kemampuan psikomotorik (koefisien korelasi parsial 0 278dan sig. 0 001). Kelima terdapat hubunga positif signifikan lingkungan belajar dengan kemampuan psikomotorik (koefisien korelasi parsial-0 186 dan sig. 0 022). Serta koefisien determinasinya (R2) sebesar0 127 (12 7%). Bagi SMK Islam 1 Blitar dapat meningkatkan kemampuan kognitif afektif dan lingkungan belajar siswa dengan adanya lebih memperhatikan murid dalam proses belajar dengan baik dan benar bagi peneliti selanjutnya diharapkan jika penelitian sejenis ditambah dengan variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42744

Actions (login required)

View Item View Item