Evaluasi pelaksanaan praktik kerja lapangan untuk siswa kelas industri di SMKS Al-Huda Kediri / Asa Firdaus Sholihien - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi pelaksanaan praktik kerja lapangan untuk siswa kelas industri di SMKS Al-Huda Kediri / Asa Firdaus Sholihien

Sholihien, Asa Firdaus (2018) Evaluasi pelaksanaan praktik kerja lapangan untuk siswa kelas industri di SMKS Al-Huda Kediri / Asa Firdaus Sholihien. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sholihien Asa Firdaus. 2018. Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Untuk Siswa Kelas Industri di SMKS Al-Huda Kediri. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Didik Nurhadi M.Pd. Ph.D. (II) Drs. Abdul Qolik M.M. M.Pd. Kata Kunci evaluasi kepuasan praktik kerja lapangan SMK kelas industri. SMK merupakan salah satu lembaga pendidikan kejuruan yang mempunyai tujuan untuk menyiapkan lulusannya memasuki dunia kerja. Untuk mempersiapkan lulusan SMK dalam menghadapi dunia kerja Kementerian Pendidikan mengembangkan dan menerapkan model pendidikan sistem ganda. Model tersebut bertujuan untuk mewujudkan link and match antara sekolah dengan industri. Terlaksananya program pendidikan kejuruan sangat bergantung pada komitmen antara lembaga sekolah dan institusi pasangan. Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu program pembelajaran yang terintegrasi antara sekolah dengan industri sebagai institusi pasangan sebagai wujud implementasi dari Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Dengan program PKL diharapkan akan menambah wawasan serta kompetensi siswa sebagai bekal untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Namun pada kenyataannya penyelenggaraan program PKL tidak selalu berjalan sesuai dengan harapan. Faktanya berdasarkan hasil observasi menunjukkan berbagai permasalahan terjadi pada penyelenggaraan program PKL. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan siswa terhadap beberapa tahapan dalam pelaksanaan program PKL pada kelas industri di SMKS Al-Huda Kediri antara lain perencanaan pelaksanaan dan penilaian program PKL. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas industri binaan PT. MPM Motor di SMKS Al-Huda Kediri. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama tingkat kepuasan siswa pada tahap perencanaan program PKL menunjukkan kategori cukup puas. Kedua tingkat kepuasan siswa pada tahap pelaksanaan program PKL menunjukkan kategori cukup puas. Ketiga tingkat kepuasan siswa pada tahap penilaian program PKL menunjukkan kategori cukup puas. Kesimpulan penelitian sekolah diharapkan untuk lebih memperhatikan dan mengoptimalkan manajemen program PKL agar terwujud kualitas pelaksanaan program yang baik. Sementara industri diharapkan untuk lebih bertangung jawab dalam menyiapkan dan mengoptimalkan komponen-komponen yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan PKL di industri. Hal tersebut dimaksudkan agar output yang dihasilkan dari pelaksanaan program PKL lebih berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42741

Actions (login required)

View Item View Item