Studi pengelolaan Partnership Class pada program keahlian teknik pemesinan di SMK PGRI 3 Malang dengan PT. Dempo Laser Metalindo / Ulwiyah Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pengelolaan Partnership Class pada program keahlian teknik pemesinan di SMK PGRI 3 Malang dengan PT. Dempo Laser Metalindo / Ulwiyah Khasanah

Khasanah, Ulwiyah (2018) Studi pengelolaan Partnership Class pada program keahlian teknik pemesinan di SMK PGRI 3 Malang dengan PT. Dempo Laser Metalindo / Ulwiyah Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Khasanah Ulwiyah. 2018. Studi Pengelolaan Partnership Class pada Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK PGRI 3 Malang dengan PT. Dempo Laser Metalindo. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Yoto S.T. M.Pd. M.M. (II) Marsono S.Pd.T. M.Pd. Ph.D. Kata Kunci Pengelolaan Partnership Class Teknik Pemesinan SMK merupakan salah satu bentuk pendidikan formal yang menitikberatkan praktik pada pembelajarannya sehingga keterampilan yang dimiliki sangatlah penting. Dengan bekal keterampilan itulah diharapkan lulusan SMK mampu dan siap terjun langsung untuk bekerja di DU/DI. Saat ini kebutuhan DU/DI akan tenaga terampil tingkat menengah sangatlah tinggi dan pemerintah tengah gencar mengembangkan SMK. Pendidikan kejuruan bertujuan agar dapat memiliki kompetensi yang sesuai dengan program keahliannya. Akan tetapi masih ditemukan beberapa permasalahan dalam mewujudkan tujuan tersebut. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa jumlah pengangguran di Indonesia didominasi oleh lulusan SMK yang seharusnya diarahkan untuk siap kerja. Jika SMK kalah bersaing maka lulusan SMK tidak akan mendapatkan posisi di DU/DI. Oleh sebab itu sekolah sebagai tempat berlangsungnya proses pembelajaran harus mampu dalam menjalin kerjasama yang baik dengan DU/DI. Kerjasama tersebut juga harus dikelola dengan baik. Salah satu bentuk kerjasama SMK dengan DU/DI adalah kelas industri. Kelas industri merupakan kelas yang dibentuk oleh sekolah dan DU/DI yang diharapkan mampu mencetak lulusan dengan kompetensi yang sesuai dengan DU/DI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan kerjasama antara SMK PGRI 3 Malang dengan PT. Dempo Laser Metalindo dalam program kerjasama kelas industri Partnership Class pada Program Keahlian Teknik Pemesinan. Dipilihnya SMK PGRI 3 Malang karena di sama memiliki kelas industri pada masing-masing Program Keahliannya termasuk pada Program Keahlian Teknik Pemesinan yang masih sangat jarang ditemui. Kerjasama kelas industri tersebut dimulai dari tahap persiapan kerjasama model dan pelaksanaan kurikulum kualifikasi tenaga pendidik pelaksanaan pembelajaraan Praktik Kerja Industri dan Ujian Kompetensi Keahlian. Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian atau informan dipilih dengan berdasar pada pada kompetensi subyek yang harus sesuai dengan fokus penelitian. Informan dalam penelitian ini meliputi Kepala Bidang Mesin Kepala Bengkel Teknik Pemesinan Staf Bursa Kerja dan Kerjasama Industri (BKI) tenaga pendidik produktif Partnership Class peserta didik Partnership Class dan HRD PT. Dempo Laser Metalindo. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara dokumentasi dan observasi. Dilanjutkan dengan analisis data yang meliputi penyajian data reduksi dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga vi keabsahan data digunakan triangulasi teknik pengumpulan data dan sumber pengumpulan data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh enam simpulan dari hasil penelitian sebagai berikut (1) persiapan kerjasama Partnership Class Program Keahlian Teknik Pemesinan dilakukan oleh sekolah dan industri terkait. berlandaskan pada sinkronisasi kompetensi sekolah dengan industri. Tujuannya yaitu untuk mengadakan link and match agar lulusan berkompetensi sesuai dengan di industri. Selanjutnya diadakan survey oleh pihak sekolah dan pihak industri disambung dengan diskusi dan penandatanganan MoU berisi (a) sinkronisasi kurikulum (b) Praktik Kerja Industri (c) rekrut kerja (d) Ujian Kompetensi Keahlian (e) kuliah tamu dan (f) magang guru (2) Kurikulum yang dipakai dalam Partnership Class dengan PT. Dempo Laser Metalindo adalah kurikulum implementatif atau kurikulum sinkronisasi antara kurikulum sekolah dengan tambahan kompetensi sesuai kebutuhan industri (3) tenaga pendidik di Partnership Class berasal dari pihak sekolah dan diangkat sebagai tenaga pendidik Partnership Class dengan mengacu pada pengalaman mengajar magang industri yang pernah dilakukan dengan dibuktikan sertifikat dan pendidikan minimal S1 (4) pelaksanaan pembelajaran Partnership Class berbeda dengan kelas reguler daari segi jam praktik yang lebih banyak dan tambahan kompetensi berupa pengelasan dan pengukuran (5) pelaksanaan Prakerin Partnership Class dilaksanakan di kelas 11 selama 1 tahun dilakukan monitoring oleh sekolah dan diakhiri dengan evaluasi Prakerin dan (6) pelaksanaan UKK Partnership Class dilakukan pada kelas 12 bertempat di SMK PGRI 3 Malang UKK ini berupa teori dan praktik dengan diuji oleh pihak sekolah industri dan BNSP serta diterbitkat sertifikat setelah peserta didik lulus UKK. Saran yang diberikan berkaitan dengan hasil penelitian yaitu (1) Kepala Bidang Mesin SMK PGRI 3 Malang disarankan untuk menambah link kerjasama dan meningkatkan match kompetensi kelas industri pada Program Keahlian Teknik Pemesinan. (2) tenaga pendidik Teknik Pemesinan perlu menjaga dan meningkatkan kualitas pembelajaran pada kelas industri sehingga kompetensi yang ada dalam program kerjasama tercapai (3) Bursa Kerja dan Kerjasama Industri (BKI) perlu mempertahankan dan meningkatkan manajemen dokumentasi kelas industri agar dokumen tersebut tersedia setiap saat ketika diperlukan (4) PT. Dempo Laser selaku pihak industri agar lebih meningkatkan pengawasan program Partnership Class dan menambah jalinan kerjasama tersebut dengan hibah material sarana prasarana maupun perbanyak kuliah tamu dan (5) Pemerintah disarankan untuk lebih giat dalam mengadakan sosialisasi dan kebijakan terkait pelaksanaan kerjasama SMK dengan industri terutama program kelas industri dan (6) mahasiswa lain disarankan untuk memperdalam fokus penelitian membandingkan penelitian yang selaras antara sekolah negeri dan swasta atau dengan meneliti eksistensi lulusan kelas industri di DU/DI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42738

Actions (login required)

View Item View Item