Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin melalui Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung / Afifah Nurliawati

Nurliawati, Afifah (2018) Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin melalui Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung / Afifah Nurliawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nurliawati, Afifah. 2018. Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin melalui Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd., (II) Marsono, S.Pd.T., M.Pd., Ph.D. Kata Kunci : motivasi belajar, hasil belajar, Problem Based Learning, SMK Motivasi belajar adalah faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Kurangnya motivasi belajar menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Metode pembelajaran yang kurang tepat adalah salah satu penyebab kurangnya motivasi belajar siswa. Ditinjau dari permasalahan yang ada, maka peniliti mengangkat permasalahan tersebut untuk dijadikan penelitian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Gambar Teknik Mesin SMKN 3 Boyolangu Tulungagung dengan menerapkan metode pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket dan tes tulis. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdiri empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan observasi dari siklus I sebesar 72,5% menjadi 84,25% pada siklus II. Berdasarkan angket dari siklus I sebesar 75,4% dan 87,7% pada siklus II. Sedangkan dari hasil belajar siswa diperoleh pada siklus I sebesar 71% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang terjadi pada siklus I masih rendah. Hal ini disebabkan karena siswa masih belum dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Sedangkan pada siklus II siswa mulai mengikuti pembelajaran dan termotivasi untuk bersaing dalam berprestasi, sehingga siswa menjadi lebih aktif mengikuti proses pembelajaran yang menyebabkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian, maka perlu penerapan metode pembelajaran problem based learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42736

Actions (login required)

View Item View Item