Implementasi kurikulum merdeka melalui loose partsdalam menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif anak usia dini (Studi kasus TK Sai Prema Kumara Denpasar) - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kurikulum merdeka melalui loose partsdalam menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif anak usia dini (Studi kasus TK Sai Prema Kumara Denpasar)

Nurina, Ida Ayu Cintiya (2022) Implementasi kurikulum merdeka melalui loose partsdalam menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif anak usia dini (Studi kasus TK Sai Prema Kumara Denpasar). Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebelum diterapkannya kurikulum merdeka, kreativitas anak sering dianggap menjadi prioritas kesekian oleh orang tua maupun sekolah setelah capaian akademik anak. kurikulum merdeka sebagai kurikulum yang mulai diterapkan pada tahun 2022, hadir dengan penekanan pembelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat anak. Salah satunya juga tentang bagaimana anak mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mereka masing-masing. Pada sisi yang lain, Media loose parts adalah media pembelajaran yang telah cukup lama digunakan berbagai sekolah di Indonesia sebagai bentuk pembelajaran yang menstimulasi kreativitas anak. Berangkat dari dua hal tersebut, penelitian ini ingin mengkaji tentang implementasi media belajar loose parts dalam meningkatkan kemampuan berpikir anak sesuai dengan kurikulum merdeka. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan diantaranya mendeskripsikan dan menjelaskan implementasi kurikulum merdeka di TK Sai Prema Kumara Denpasar. Selain itu, penelitian ini hendak mendeskripsikan dan menjelaskan implementasi kurikulum merdeka dengan media loose parts di TK Sai Prema Kumara Denpasar. Sedangkan tujuan lainnya adalah mendeskripsikan dan menjelaskan implementasi kurikulum merdeka dengan media loose parts dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif anak di TK Sai Prema Kumara Denpasar. Objek penelitian ini adalah TK Sai Prema Kumara Kota Denpasar. TK ini dipilih karena merupakan salah satu TK terbaik yang telah menggunakan loose parts dan menjadi salah satu sekolah penggerak pertama di Kota Denpasar. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan metode penlitian studi kasus. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara terhadap guru. Berdasarkan pengambilan data melalui observasi dan wawancara, terlihat bahwa guru dan siswa sangat antusias dalam menggnakan media belajar. loose parts. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kurikulum di TK Sai Prema Kumara Denpasar telah dilaksanakan dengan optimal dan telah sesuai dengan capaian dan tujuan pembelajaran kurikulum merdeka. Pada penerapan kurikulum merdeka di TK Sai Prema Kumara Denpasar, penggunaan loose part terlihat berhasil menumbuhkan dan mengembangkan daya berpikir kreatif anak. Keberhasilan tersebut telah memenuhi kedua belas indikator seorang anak berpikir kreatif oleh Catron dan Allen.Implementasi media loose parts di TK Sai Prema layak menjadi best practice bagi sekolah lain baik dalam implementasi kurikulum merdeka, pengembangan berpikir kreatif anak, dan penggunaan media loose parts yang optimal. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi berbagai pemangku kebijakan pendidikan maupun pelaksana pendidikan seperti Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, kepala sekolah, guru, orang tua hingga pihak-pihak lain yang terkait.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: implementasi kurikulum merdeka, media loose parts, berpikir kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: mr magang UM
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:07
Last Modified: 31 Jul 2023 01:07
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4272

Actions (login required)

View Item View Item