Pengaruh penggunaan metode quantum learning dan konvensional terhadap motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran gambar teknik siswa kelas X di SMKN 3 Boyolangu / Cahyo Janu Prabowo

Prabowo, Cahyo Janu (2018) Pengaruh penggunaan metode quantum learning dan konvensional terhadap motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran gambar teknik siswa kelas X di SMKN 3 Boyolangu / Cahyo Janu Prabowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prabowo, Cahyo Janu.2016. Pengaruh Penggunaan Metode Quantum Learning dan Konvensional terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa kelas X di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. H. Purnomo, S.T.,M.Pd, (2) Drs. Wahono.,S.ST.,M.Pd. Kata Kunci : Quantum Learning, Konvensional, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. Proses belajar merupakan proses dimana seseorang mempelajari berbagai hal dalam kehidupan. Disamping seseorang itu belajar, perlu adanya evaluasi diri untuk menilai seberapa jauh perubahan-perubahan dalam dirinya itu terjadi. Oleh karena itu dibutuhkan berbagai model belajar yang inovatif, bervariasi, flexible, menyenangkan, memotivasi siswa agar potensi yang ada dalam diri siswa lebih berkembang secara aktif. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas belajar siswa adalah penggunaan model Quantum Learning. Model belajar ini merupakan salah satu model belajar yang inovatif untuk mengajarkan siwa pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan pembelajaran Quantum Learning dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Prestasi belajar siwa yang diukur dalam penelitian meliputi hasil belajar kognitif dan hasil belajar psikomotor. Penelitian ini dilakukan di SMKN 3 Boyolangu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TPM4 dan X TPM1. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu (quasi experimental). Data motivasi, hasil belajar psikomotor dan hasil belajar kognitif diperoleh dari Post Test 1 dan Post Test 2 dianalisis statistik dengan Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan motivasi belajar gambar teknik antara siswa yang belajar menggunakan metode Quantum Learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Motivasi siswa yang belajar di kelas eksperimen yang menggunakan metode Quantum Learning lebih tinggi 23,15% dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional; (2) ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan metode Quantum Learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen lebih tinggi 3,64% dibandingkan hasil belajar siswa di kelas kontrol, dan hasil belajar psikomotor siswa di kelas eksperimen lebih tinggi 3,94% dibandingkan hasil belajar siswa di kelas kontrol; (3) ada hubungan antara motivasi dan prestasi belajar. Siswa yang memiliki motivasi tinggi dapat dipastikan bahwa prestasi belajarnya semakin baik. Peneliti menyarankan pembelajaran model Quantum Learning dapat diterapkan di sekolah kejuruan manapun sebagai alternatif dalam pembelajaran Gambar Teknik karena dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa, sehingga tujuan dapat tercapai. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42717

Actions (login required)

View Item View Item