Amrela, Umah (2021) Implementasi kurikulum 2013 terhadap perkembangan anak kelas B di TK Syifaul Qulub Sumberjambe Jember. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rencana kurikulum 2013 PAUD menjadi sekumpulan referensi latihan pembelajaran yang memberikan wawasan langsung kepada anak-anak untuk membangun segala potensi perbaikan yang berpusat pada metodologi logis. Program pendidikan dinamis dan secara konsisten berubah sinkron kesempatan. Berfokus pada perubahan rencana pendidikan, maka rencana pendidikan sekolah penyelenggara harus disinkronkan mulai dari rencana, pelaksanaan dan pengendalian rencana pendidikan (asesmen dan perbaikan) yang diselesaikan secara lokal oleh unit pelatihan. Perincian konfigurasi program pendidikan dilengkapi oleh instruktur, termasuk spesialis, panel sekolah, dan pihak lokal lainnya, yang mempunyai pertimbangan dan kekhawatiran terhadap program pendidikan PAUD 2013. Pelaksanaan program kurikulum 2013, sekolah pengumpulan laporan rencana pendidikan yang berisi pelengkap pelaksanaan rencana pendidikan 2013 mulai dari profil sekolah hingga penanda hasil belajar. Untuk mengatur dalam proyek kelembagaan, perlu untuk menyiapkan program atau program tahunan yang menggabungkan rencana pembelajaran topikal selama satu tahun, dan kemudian diisolasi ke dalam program semester, minggu demi minggu rencana pelaksanaan pembelajaran hingga rencana pelaksanaan pembelajaran setiap hari. Ujian ini menggunakan metodologi subjektif dengan tipe rencana ekspresif. Tindakan investigasi informasi dilakukan mulai dari pengumpulan informasi, penumpukan informasi, penyajian informasi dan pengambilan kesimpulan. Analis bertindak sebagai instrumen utama dalam penelitian dan tersedia langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan jika implementasi kurikulum 2013 terhadap perkembangan anak di TK Syifaul Qulub berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan guru mengikuti acara pelatihan mengenai kurikulum 2013, mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, pembiasaan menggunakan pendekatan saintifik yang berisi tentang pengamatan, menanya, pengumpulan informasi penalaran dan mengkomunikasikan. Pendekatan sanintifik ini selalu diterapkan dalam setiap pembelajaran sehingga prosedur perkembangan anak berjalan sinkron dengan tingkat pencapaiannya. Selain itu orang tua juga dilibatkan dalam memahami dan mengerti bagaimana strategi stimulasi perkembangan anak agar mempunyai kesiapan dalam jenjang pendidikan selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum 2013, Perkembangan Anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | mr magang UM |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 00:47 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 00:47 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4271 |
Actions (login required)
View Item |