Analisis hasil kualitas lembar akrilik dengan cara vacuum forming / Louis Mario Yudhy Hanggoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis hasil kualitas lembar akrilik dengan cara vacuum forming / Louis Mario Yudhy Hanggoro

Hanggoro, Louis Mario Yudhy (2018) Analisis hasil kualitas lembar akrilik dengan cara vacuum forming / Louis Mario Yudhy Hanggoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hanggoro Louis Mario Yudhy. 2017. Analisis Hasil Kualitas Lembar Akrilik Dengan Cara Vacuum Forming. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Putut Murdanto S.T. M.T. (II) Drs. Solichin S.T. M.Kes. Kata Kunci Akrilik Vacuum Forming Thermoforming. Semakin berkembangnya dunia ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini banyak pengembangan inovasi produk salah satunya berbahan dasar ferro dan non-ferro. Produk berbahan dasar non-ferro seperti plastik/akrilik sangat banyak dijumpai pada kehidupan sehari-hari dan memiliki peluang usaha yang besar. Produk berbahan dasar plastik akrilik mudah untuk dibentuk oleh karena itu produk inovasi berbahan dasar ini sangatlah baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui radius akrilik untuk mengetahui volume akrilik berdasarkan ketinggian molding dan untuk mengetahui ketebalan dinding akrilik setelah proses vacuum forming. Rancangan dalam penelitian ini adalah dengan cara eksperimen. Pada eksperimen berbahan dasar lembar akrilik dengan ketebalan 1 2 3 mm akan dilakukan pembentukan dengan cara vacuum forming. Setelah dilakukan pembentukan pengujian yang dilakukan adalah pengukuran radius menggunakan radius gauge pengukuran ketinggian lembar akrilik dan pengukuran ketebalan dinding akrilik. Hasil penelitian dengan temperatur tetap 185 730 C dan tekanan vacuum cleaner dengan daya 800 watt menunjukkan bahwa lembar akrilik dengan ketebalan 1 mm mempunyai hasil radius dan volume ketinggian yang baik namun memiliki beberapa cacat lembar akrilik dengan ketebalan 2 mm dan 3 mm tidak dapat mengikuti molding karena tingkat stretching yang kurang akan tetapi memiliki ketebalan dinding akrilik yang baik karena akrilik tersebut masih dapat mempertahankan ketebalan sebelum dan sesudah dilakukan proses vacuum forming. Adapun statistik yang digunakan adalah deskriptif yaitu dengan cara mendeskripsikan hasil penelitian yang telah dilakukan sehingga mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42709

Actions (login required)

View Item View Item