Sintesis dan karakterisasi Manganese Ferrite dengan variasi waktu sintering / Hanif Zakki - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi Manganese Ferrite dengan variasi waktu sintering / Hanif Zakki

Zakki, Hanif (2018) Sintesis dan karakterisasi Manganese Ferrite dengan variasi waktu sintering / Hanif Zakki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Zakki Hanif. 2017. Sintesis dan Karakterisasi Manganese Ferrite dengan Variasi Waktu Sintering. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Rr. Poppy Puspitasari S.Pd. M.T. Ph.D. (2) Drs. Solichin S.T. M.Kes. Kata Kunci Manganese Ferrite morfologi Co-precipition Sintesis stirring time sintering Karakterisasi fasa dan morfologi serbuk manganese ferrite (MnFe2O4) bertujuan untuk memperkecil ukuran butir MnO dan Fe2O3 dari ukuran mikro menjadi ukuran nano menggunakan metode Co-precipition dengan variasi waktu sintering. Co-precipition merupakan metode sintesis yang sederhana dan sudah teruji dalam mensintesiskan berbagai macam material oksida berukuran mikro menjadi nano. Sintering time merupakan teknik yang dilakukan dalam proses sintesis untuk memperbaiki susunan partikel material dengan suhu diatas suhu normal. Suhu yang digunakan dalam proses sintering 1000 C. Material uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah manganese oxide (MnO) dan Iron oxide Fe2O3. MnO dan Fe2O3 yang dipilih berbentuk serbuk berukuran mikro merupakan inovasi baru untuk menghasilkan material oksida berukuran nano dimana proses yang lazim digunakan dalam proses Co-precipition menggunakan solvent dengan material oksida campuran untuk menghasilkan material oksida. Pelaksanaan penelitian dilakukan di laboratorium Nano Reaearch and Advaced Meterials Universitas Negeri Malang dan laboratorium Bersama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data berupa data tabel grafik dan morfologi. Temperatur sintering yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 1000 C dengan variasi waktu 120 menit 180 menit dan 240 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan waktu sintering berpengaruh terhadap fasa dan morfologi dari manganese Ferrite. Pengaruh variasi waktu dalam proses sintering menunjukkan perkembangan fasa dan morfologi dari MnFe2O4 dengan variasi waktu 240 menit. Perubahan fasa MnFe2O4 120 menit 180 menit dan 240 menit menunjukkan perubahan ukuran butir kristal sebesar 84.187 nm 60.113 nm dan 60.093 nm Perubahan tersebut sangat signifikan karena MnFe2O4 setelah mengalami sintesis dengan variasi waktu sintering morfologi butirannya berubah menjadi bulat dengan terdapat aglomerasi partikel yang diendapkan pada membran butir MnFe2O4 serta ditunjukkan ukuran butirannya yang berbeda. Perubahan fasa dan morfologi dari MnO dan Fe2O3 berukuran mikro menjadi nano telah berhasil. Hasil dari perubahan tersebut dipengaruhi oleh sintesis dengan metode Co-precipition proses crushing dan variasi sintering time. Berdasarkan keadaan ini disarankan bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian yang sama dengan menggunakan metode Co-precipition untuk melakukan variasi waktu sintering dan variasi waktu stirring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42708

Actions (login required)

View Item View Item