Analisis termogravimetrik pembakaran limbah pelepah kelapa sawit pada variasi heating rate / Dino Purwandika - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis termogravimetrik pembakaran limbah pelepah kelapa sawit pada variasi heating rate / Dino Purwandika

Purwandika, Dino (2018) Analisis termogravimetrik pembakaran limbah pelepah kelapa sawit pada variasi heating rate / Dino Purwandika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwandika Dino 2017. Analisis termogravimetrik dekomposisi pembakaran limbah pelepah kelapa sawit pada variasi heating rate Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sukarni S.T. M.T. (II) Hj. Dr. Widiyanti M.Pd. Kata kunci Analisis termogravimetrik dekomposisi pembakaran limbah pelepah kelapa sawit variasi heating rate. Semakin berkembangnya zaman dan teknologi serta bertambahnya jumlah penduduk kebutuhan akan energi semakin meningkat sementara persediaan energi dari bahan bakar fosil yang selama ini menjadi ketergantungan jumlahnya begitu terbatas. Di sisi lain limbah pelepah kelapa sawit dengan jumlahnya yang melimpah masih belum termanfaatkan secara optimal sehingga limbah pelepah kelapa sawit diusahakan mampu sebagai pengganti energi fosil untuk diolah menjadi energi alternatif terbarukan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik dekomposisi termal pembakaran dan energi aktivasi dengan variasi heating rate. Pengujian termogravimetrik untuk mengetahui perubahan berat (mass loss) dan laju penurunan massa (mass loss rate). Hasil pengujian untuk mengetahui kelembaban (moisture) pelepasan volatil pembakaran arang dan pembentukan abu. Sampel yang digunakan sebanyak 10 mg dengan laju aliran udara konstan 100 ml/menit rentang temperatur pembakaran 25 10000C pada heating rate 10 15 20 25 0C/min. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dekomposisi pembakaran pada heating rate 10 15 20 25 0C/min limbah pelepah kelapa sawit terjadi dalam 3 tahap. Tahap pertama proses hilangnya kelembaban (moisture) dengan sedikit volatil ringan tahap kedua merupakan pelepasan volatil dengan sedikit pembakaran arang dan tahap ketiga adalah tahap pembakaran arang. Nilai energi aktivasi telah dihitung dengan menggunakan dua metode perhitungan yaitu metode Flynn Wall Ozawa (FWO) dan Vyazovkin. Hasil perhitungan energi aktivasi pada pembakaran limbah pelepah kelapa sawit dihitung dengan menggunakan metode FWO nilai rata rata energi aktivasi diperoleh sebesar 80.64 kJ/mol sedangkan dengan menggunakan metode Vyazovkin sebesar 73.11 kJ/mol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42704

Actions (login required)

View Item View Item