Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar mata pelajaran sejarah pada peserta didik kelas XI Di SMA Negeri 1 Ngantang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar mata pelajaran sejarah pada peserta didik kelas XI Di SMA Negeri 1 Ngantang

Yasmin, Namira (2022) Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar mata pelajaran sejarah pada peserta didik kelas XI Di SMA Negeri 1 Ngantang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran memiliki peranan penting dalam pembelajaran. Hal tersebut dapat berdampak pada hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran sejarah. Pemilihan model pembelajaran yang tepat harus sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi yang sedang berlangsung. Adapun demikian, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar sejarah siswa dengan menggunakan dua model pembelajaran yang berbeda yakni, model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Teams Games Tournament (TGT). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh model Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri Ngantang. 2) mengetahui pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Ngantang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif dengan menggunakan desain pre-experimental Group Preetest Posttest Design. Sampel berjumlah 61 siswa, dengan klasifikasi 30 siswa berasal dari kelas eksperimen 1 dan 31 siswa berasal dari kelas eksperimen 2. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes uji hasil belajar, tahapan uji tes soal terdiri dari uji reliabilitas, uji validitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda. Teknik analisis data yang terdiri dari uji normalitas, uji kesetaraan, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menujukkan bahwa hipotesis penelitian dapat diterima. Dari hasil uji hipotesis Sample T-Test menunjukkan nilai sig-2 Tailed 0,000. 1) model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) memiliki pengaruh pada hasil belajar sejarah. Berdasarkan hasil pretest dan posttest menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Pada hasil pretest nilai rata-rata siswa sebesar 65,57 sedangkan hasil posttest nilai rata-rata siswa sebesar 90,83. 2) hal serupa juga terjadi pada model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) yang memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Ngantang, hasil ini juga dapat dilihat pada hasil pretest dan posttest siswa. Hasil pretest nilai rata-rata siswa adalah 59,03, sedangkan hasil posttest nilai rata-rata siswa sebesar 89,19. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Teams Games Tournament (TGT) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sejarah siswa. Selain itu hasil positif ini disebabkan oleh karakter permainan yang melekat pada model ini, yang dianggap paling cocok untuk siswa pada usia tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Two Stay Two Stray, Model Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar Sejarah.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: mr magang UM
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:30
Last Modified: 31 Jul 2023 04:30
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4270

Actions (login required)

View Item View Item