Badri, Muhammad Syaiful Alimul (2013) Pengembangan multimedia interaktif mata pelajaran sejarah kelas VII di SMPN 1 Krejengan / Muhammad Syaiful Alimul Badri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Syaiful Muhammad. 2012.Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Sejarah Kelas VII Di SMPN 1 Krejengan Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed. (II) Yerry Soepriyanto S.T M.T Kata kunci pengembangan multimedia interaktif sejarah Media awalnya berfungsi sebagai alat bantu visual dalam kegiatan pembelajaran yaitu berupa saran yang dapat memberikan pengalaman visual kepada siswa antara lain untuk mendorong motivasi belajar memperjelas dan memudahkan konsep yang abstrak dan mempertinggi daya serap belajar. Kemudian secara bertahap mulai muncul media audio visual dan sampai pada multimedia yang berbasiskan komputer. Multimedia interaktif adalah perwujudan dari multimedia pembelajaran yang memadukan unsur audio visual serta dapat berinteraksi secara langsung dengan siswa. Dengan multimedia interaktif siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti informasi yang terdapat di media tersebutdan membuat pembelajaran tidak membosankan karena interaktif memiliki komunikasi yang bersifat dua arah yaitu antara pengguna dengan media. Oleh karena itu pengembangan multimedia interaktif dikemas sedemikian rupa sesuai dengan karakteristik siswa. Walaupun media ini masih harus melibatkan guru secara penuh. Karena tidak dapat dipungkiri pengawasan dan panduan dari seorang guru lebih berperan. Jadi siswa tidak hanya berpegangan pada 1 buku paket namun siswa dapat mempunyai materi pembelajaran yang lebih dari satu nara sumber buku yang dijadikan satu dalam bentuk multimedia interaktif tersebut dengan tanpa membeli beserta latihan soal berbentuk elektronik. Subyek uji coba pengembangan ini adalah siswa kelas VII semester 2 SMPN 1 Krejengan. Pengembangan multimedia interaktif ini di validasikan oleh ahli materi sebanyak 2 orang ahli media sebanyak 2 orang audiens individual sebanyak 3 siswa audiens kelompok kecil sebanyak 10 siswa dan uji coba lapangan sebanyak 15 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif ini dinyatakan valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah tentang Perkembangan Masyarakat Kebudayaan dan Pemerintahan pada Masa Hindu - Budha serta Peninggalan-Peninggalannya. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan angket ahli media 85 6% ahli materi 98 75% dan siswa individual 97 5% serta siswa kelompok kecil 90 25% dan uji lapangan 90 7%. Dalam penelitian ini saran yang peneliti ajukan kepada pihak sekolah adalah multimedia interaktif ini agar dijadikan bahan pertimbangans ebagai alternatif media yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan dapat digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/427 |
Actions (login required)
View Item |