Pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi di SMK Islam 1 Blitar / Lutfi Hamim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi di SMK Islam 1 Blitar / Lutfi Hamim

Hamim, Lutfi (2017) Pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi di SMK Islam 1 Blitar / Lutfi Hamim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hamim Lutfi. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi di SMK Islam 1 Blitar. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Suwarno M.Pd. (II) Drs. Imam Sudjono M.T. Kata Kunci multimedia interaktif kelistrikan mesin konversi energi SMK Mata Pelajaran Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi merupakan mata pelajaran dasar keteknikan yang wajib dikuasai oleh siswa SMK jurusan teknik pemesinan karena mata pelajaran ini merupakan gerbang awal untuk memasuki bidang keahlian teknik pemesinan sehingga diharapkan dapat menjadi wahana pengenalan awal tentang teknik pemesinan didalamnya mencakup pengetahuan dasar tentang teknik pemesinan mulai dari prinsip dasar kelistrikan mesin listrik motor bakar turbin air dan generator. Perlu adanya media pembelajaran yang sesuai dan dapat mendukung proses pembelajaran karena adanya multimedia interaktif dapat membantu dalam menghadapi minimnya sarana praktik dan juga dapat membantu siswa dalam memahami materi karena di dalamnya terdapat gambar animasi video dan suara yang dapat memvisualisasikan materi pelajaran sehingga lebih menarik dan memotivasi siswa sehigga tercapai tujuan pembelajaran. Prosedur pengembangan multimedia ini menggunakan model pengembangan Sadiman yang dirancang melalui delapan tahapan yaitu (1) Menganalisis kebutuhan (2) Merumuskan tujuan pembelajaran (3) Merumuskan butir-butir materi (4) Merumuskan alat pengukur keberhasilan (5) Menyusun naskah media (6) Produksi media (7) Validasi dan (8) Uji coba produk. Pada tahap Validasi yang dilakukan oleh validator ahli media dan validator ahli materi yang selanjutnya akan di ujikan ke lapangan. Multimedia pembelajaran Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi ini dinyatakan layak oleh ahli materi ahli media dan uji coba kelompok kecil sebagai media pembelajaran pada siswa SMK Islam 1 Blitar. Hal tersebut dibuktikan bahwa hasil pengembangan menunjukkan (1) Dari ahli materi menunjukkan tingkat kelayakan dengan persentase 83 33% dengan kriteria tingkat keberhasilan valid (2) Ahli media menunjukkan tingkat kelayakan dengan persentase 91 66% dengan kriteria tingkat keberhasilan valid (3) Uji coba kelompok kecil menunjukkan tingkat kelayakan dengan persentase 81 18% dengan kriteria tingkat kelayakan valid. Saran dari ahli materi dan media saat validasi media diantaranya (1) Terdapat beberapa kesalahan penulisan pada materi (2) beberapa fungsi koreksi yang belum benar (3) Indikator dan pendahuluan pada intro dijadikan satu pada menu utama media (4) indikator dan pendahuluan dipisah (5) Pengurangan teks pada pendahuluan dan indikator. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media ini dapat digunakan sebagai tambahan media untuk proses pembelajaran. ABSTRACT Hamim Lutfi. 2017. The Development of Interactive Multimedia on the Mechanical Electricity and Energy Conversion course at SMK Islam 1 Blitar. Sarjana s Thesis Mechanical Engineering Department Engineering Faculty State University of Malang. Advisor (I) Drs. H. Suwarno M.Pd. (II) Drs. Imam Sudjono M.T. Keywords interactive multimedia mechanical electricity energy conversion SMK Mechanical electricity and energy conversion lesson is the basic subjects of engineering that must be hold by SMK students majoring in mechanical engineering because these subjects are the initial gateway to enter the field of mechanical engineering expertise so it is expected to become an early introduction to mechanical techniques includes basic knowledge of mechanical techniques starting from the basic principles of electricity electric machines combustion engines water turbines and generators. The need for a suitable learning media and can support the learning process because the interactive multimedia can help in facing the lack of practical tools and also can help students in understanding the material because it s animated video and sound images that can visualize the subject matter so that more interesting and motivate students so that achieved learning objectives. The multimedia development procedure uses the Sadiman development model which is designed through eight stages those are (1) Analyzing needs (2) Formulate learning objectives (3) Formulating material points (4) Formulating measurement tools (5) Prepare a media script (6) Media production (7) Validation and (8) Product trial. In Validation stage done by expert media validator and content expert validator which then will be tested to field. Multimedia lesson of Electrical Engineering and Energy Conversion is declared feasible by content experts media experts and small group testing as a medium of learning in students of SMK Islam 1 Blitar. It is proved that the results of the development bring out (1) From the content experts reprecentated the level of eligibility with percentage of 83.33% with valid success rate criteria (2) Media experts indicate the level of eligibility with percentage of 91.66% with valid success rate criteria (3) Small group trial reprecentated the level of eligibility with percentage of 81.18% with valid success rate criteria. The suggestions from content and media experts during media validation include (1) There are some text errors in the content (2) some improper correction function (3) Indicators and introductions on the intro are made together on the main menu of the media (4) the indicators and the introduction are separated (5) Reduction of text on introduction and indicator. Thus it can be concluded that this media can be used as an additional media for the learning process.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42684

Actions (login required)

View Item View Item