Ramatulloh, Rangga Maulana (2017) Pengaruh penggunaan CDI limiter dan non limiter terhadap torsi dan emisi gas buang sepeda motor Satria FU 150 build up Thailand / Rangga Maulana Ramatulloh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahmatulloh Rangga Maulana. 2017. Pengaruh Penggunaan CDI limiter dan non limiter terhadap Torsi dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor Satria Fu 150 Build Up Thailand. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Widiyanti M.Pd. (II) Drs. Ir. Solichin S.T. M.Kes. Kata Kunci CDI limiter CDI non limiter torsi emisi gas buang Sistem pengapian merupakan sistem yang sangat penting untuk memaksimalkan performa mesin pada sepeda motor yang berfungsi untuk mengatur proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder sesuai waktu yang telah ditentukan. Pada sepeda motor bawaan pabrik atau standar yang di produksi pada saat ini masih kebanyakan mempergunakan CDI limiter. CDI limiter adalah CDI yang memiliki batasan dalam memercikan bunga api ke dalam ruang bakar. CDI non limiter adalah CDI yang yang kerjanya tanpa ada batasan pengapian dan mampu menghasilkan unjuk kerja mesin sampai RPM berapapun tergantung seberapa kuat mesin berputar. CDI non limiter sebagai komponen yang bertugas untuk mengatur waktu pengapian dalam ruang bakar mesin diharapkan mampu meningkatkan torsi dan memperkecil keluarnya kadar pada emisi gas buang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan CDI limiter dan non limiter terhadap Torsi dan Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor Satria Fu Build Up Thailand dan diperoleh alternatif yang mempengaruhi torsi dan emisi gas buang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan dua variabel penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik parametrik dengan metode paired sample t test dengan program SPSS 20 for windows. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan CDI non limiter dapat memberikan efek positif dibandingkan CDI limiter terhadap torsi dan emisi gas buang sepeda motor Satria Fu 150 Build Up Thailand. Hasil penelitian menunjukkan bahwa torsi mesin emisi gas buang CO dan emisi gas Buang HC pada Satria Fu 150 Build Up Thailand yang menggunakan CDI non limiter pada putaran 3000 rpm sampai 8000 rpm lebih baik. Torsi mesin yang menggunakan CDI non limiter pada putaran 3000 rpm sebesar 11 044 Nm sedangkan pada putaran 8000 rpm sebesar 11 298 Nm. Untuk emisi gas buang CO menunjukkan bahwa menggunakan CDI non limiter pada putaran 3000 rpm sebesar 1 868 % sedangkan pada putaran 8000 rpm sebesar 0 394 %. Untuk emisi gas buang HC menunjukkan bahwa menggunakan CDI non limiter pada putaran 3000 rpm sebesar 130 4 ppm sedangkan pada putaran 8000 rpm sebesar 55 4 ppm. ABSTRACK Rahmatulloh Rangga Maulana. 2017. The Influence of the Use CDI limiter and unlimiter on the Torque and Exhaust Emmissions of Motorcycle Satria Fu 150 Build Up Thailand. Sarjana s Thesis. Departement of Mechanical Engineering Faculty of Engineering State University of Malang. Advisors (I) Dr. Hj. Widiyanti M.Pd. (II) Drs. Ir. Solichin S.T. M.Kes. Keyword CDI limiter CDI unlimiter torque exhaust emmissions Ignition system is a very important system to maximize the performance of the engine on a motorcycle that serves to regulate the combustion process of fuel and air mixture in the cylinder within a predetermined time. On the factory default motorcycle or standard that is in production at this time still mostly use CDI limiter. CDI limiter is a CDI that has limits in sparking sparks into the combustion chamber. Unlimiter CDI is a CDI that works without any ignition restrictions and is able to produce machine performance to any RPM depending on how strong the engine is spinning. Unlimiter CDI as a component in charge to set ignition time in the engine combustion chamber is expected to increase the torque and minimize the exit levels of exhaust emissions. This study aims to determine the effect of the use of CDI limiter and unlimiter on Torque and Emissions Gas on Motor Bike Satria Fu Build Up Thailand and obtained alternatives that affect torque and exhaust emissions. The type of research used is the experimental method using two research variables. The analysis technique used is parametric statistic with paired sample t-test with SPSS 20 for windows. Based on the results of research using unlimiter CDI can give positive effect compared to CDI limiter to torque and motorcycle exhaust emission of Satria Fu 150 Build Up Thailand. The results show that engine torque CO exhaust emissions and exhaust gas emissions in Satria Fu 150 Build Up Thailand using non limiter CDI at 3000 rpm to 8000 rpm is better. Engine torque using unlimiter CDI at 3000 rpm rotation of 11 044 Nm while at 8000 rpm rotation equal to 11 298 Nm. For CO emissions CO shows that using unlimiter CDI at 3000 rpm rotation equal to 1 868% while at 8000 rpm round equal to 0 394%. For exhaust emissions HC showed that using unlimiter CDI at 3000 rpm rotation of 130 4 ppm while at 8000 rpm round of 55 4 ppm.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/42670 |
Actions (login required)
View Item |