Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan metode newman ditinjau dari gender - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan metode newman ditinjau dari gender

Pramuladani, Antik (2022) Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan metode newman ditinjau dari gender. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan sejak sekolah dasar sampai perguruan tinggi, dalam menyelesaikan soal cerita siswa masih banyak mengalami kesalahan. Kesalahan yang banyak dilakukan siswa salah satunya yaitu kesalahan menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel, salah satu faktor penyebab kesalahan menyelesaikan soal cerita yaitu gender. Gender merupakan perbedaan biologis laki-laki dan perempuan. Salah satu analisis yang dapat digunakan untuk mengetahui kesalahan siswa salah satunya metode Newman. Pada metode Newman setiap siswa yang ingin menyelesaikan soal cerita mereka harus bekerja melalui 5 tahapan. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan bentuk- bentuk kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan metode Newman ditinjau dari gender. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan lionear dua variabel berdasarkan metode Newman ditinjau dari gender. Hasil penelitian memaparkan bahwa baik siswa dengan kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah belum dapat menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel dengan benar, tetapi siswa menyelesaikan menggunakan langkah-langkah penyelesaian menurut Newman. Siswa masih banyak melakukan kesalahan yaitu: 1) kesalahan tahap transformasi yang diakibatkan karena belum terbiasa menginterpretasikan kalimat menjadi bentuk matematika serta mengalami kebingung dengan cara yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah. 2) kesalahan tahap keterampilan proses yang dimana penyebabnya siswa mengalami kebingungan pada saat melakukan operasi hitung serta masih bingung menggunakan metode substitusi dan eliminasi. 3) kesalahn tahap penulisan jawaban akhir dimana hampir seluruh siswa tidak menuliskan kesimpulan yang didapatkan ketika menyelesaikan masalah, hal ini dikarenakan keterbiasaan ketika menyelesaikan soal cerita cukup menyelesaikan saja tanpa menulis ulang kesimpulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Soal Cerita, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Kesalahan Newman, Gender
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: mr magang UM
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:06
Last Modified: 08 Aug 2023 07:06
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4266

Actions (login required)

View Item View Item