Uji banding rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis sain- tifik dengan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut di kelas XI SMKN 1 Trenggalek / Eko Nur Hadiansah - Repositori Universitas Negeri Malang

Uji banding rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis sain- tifik dengan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut di kelas XI SMKN 1 Trenggalek / Eko Nur Hadiansah

Hadiansah, Eko Nur (2017) Uji banding rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis sain- tifik dengan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut di kelas XI SMKN 1 Trenggalek / Eko Nur Hadiansah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hadiansah Eko Nur. 2016. Uji Banding Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Saintifik Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Langsung Pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Di Kelas XI SMKN 1 Trenggalek. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Widiyanti M.Pd (2) Drs. Djonni Bangun M.Pd. Kata Kunci model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) model pembelajaran langsung (MPL) hasil belajar teknik pemesinan bubut Metode pembelajaran merupakan sebuah pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh guru atau instruktur. Didalam sebuah metode pembelajaran terdapat banyak tipe pembelajaran yang dapat meningkatkan keefektifan proses belajar. Pemilihan model pembelajaran yang efektif harus di sesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran langsung (MPL) dalam mata pelajaran teknik pemesinan bubut. Apabila dalam sebuah proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat maka dapat diindikasikan hasil belajar tercapai maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran langsung (MPL) pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut dan untuk menghasilkan produk berupa rencana pelaksanaan pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasy experimental design). Subyek pada penelitian ini yaitu kelas XI TPm 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung (MPL) dan kelas TPm 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). Pemilihan subyek penelitian ini menggunakan cara assignment random sampling atau sistem acak. Penelitian ini terdapat empat data kuantitatif yaitu pre-test kelas eksperimen pre-test kelas kontrol post-test kelas eksperimen dan post-test kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pre-test dan post-test pilihan ganda dan teknik analisis menggunakan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang di ajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut. Perbedaan signifikan terdapat pada penerapan model pembelajaran problem based learning dimana kemampuan awal siswa dengan rata-rata 57 92 meningkat menjadi 74 17 dengan persentase peningkatan 16 25%. Perbedaan lain terdapat pada keaktifan siswa di dalam kelas bagaimana siswa mencari informasi secara individu dan saling berinteraksi dengan teman lain. ABSTRACT Hadiansah Eko Nur. 2016. Comparative Test Implementation Plan-Based Learning The Scientific Method Problem Based Learning Teaching And Learning Method Direct At Lathe Machining Techniques Lesson In Class XI State Vocational High School 1 Trenggalek. Thesis Department of Mechanical Engineering Education Department of Mechanical Engineering Faculty of Engineering Universitas Negeri Malang. Supervisor (1) Dr. Hj. Widiyanti M.Pd (2) Drs. Djonni Bangun M.Pd. Kata Kunci learning methods Problem Based Learning (PBL) method of direct learning (MPL) the learning outcomes lathe machining techniques Methods of learning is a knowledge of the ways of teaching used by teachers or instructors. In a method of learning there are many types of learning that can improve the effectiveness of the learning process. Selection of an effective learning model must be adjusted to the characteristics of the subjects. This study was conducted to compare the use of the methods of learning Proble- Based Learning (PBL) and methods direct instructional (MPL) in subjects of machining techniques. The learning process carried out by using appropriate learning models it can be indicated maximum learning outcomes achieved. This study aims to determine differences in learning outcomes between students taught using methods of learning Problem-Based Learning (PBL) and methods direct instructional (MPL) on the subjects of engineering machining lathe and to produce products such as lesson plan that is effective in improving student learning outcomes . This study used a quasi-experimental research design (quasi-experimental design). The subject of this research is class XI TPm 1 as the control class using methods direct learning (MPL) and TPm 3 class as a class experiment with using the methods of problem-based learning (PBL). The subject of this research using random assignment method or system of random sampling. This study namely quantitative data there are four pre-test experimental class control class pre-test post-test experimental class and post-test control class. The data collection is done by using about pre-test and post-multiple-choice test and analysis techniques using SPSS 22. The results of this study indicate that there are differences between student learning outcomes in teaching using methods of problem-based learning and direct learning model in the subject lathe machining techniques. There are significant differences in the application of the teaching methods of problem-based learning where students initial capabilities with an average of 57.92 increased to 74.17 with the percentage increase of 16.25%. There are other differences in the activity of students in the classroom how individual students to find information and interact with other friends.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42648

Actions (login required)

View Item View Item