Kontribusi kemampuan awal praktik dan ergonomi posisi pengelasan SMAW terhadap produktivitas kerja siswa paket Keahlian Teknik Pengelasan SMK Negeri Kabupaten Bojonegoro / Belinda Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi kemampuan awal praktik dan ergonomi posisi pengelasan SMAW terhadap produktivitas kerja siswa paket Keahlian Teknik Pengelasan SMK Negeri Kabupaten Bojonegoro / Belinda Wulandari

Wulandari, Belinda (2017) Kontribusi kemampuan awal praktik dan ergonomi posisi pengelasan SMAW terhadap produktivitas kerja siswa paket Keahlian Teknik Pengelasan SMK Negeri Kabupaten Bojonegoro / Belinda Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Belinda. 2017. Kontribusi Kemampuan Awal Praktik dan Ergonomi Posisi Pengelasan SMAW terhadap Produktivitas Kerja Siswa Paket Keahilan Teknik Pengelasan SMK Negeri Kabupaten Bojonegoro. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ir. H. Djoko Kustono M.Pd. (II) Drs. H. Solichin S.T. M.Kes. Kata Kunci ergonomi SMAW produktivitas kerja Praktik pengelasan merupakan mata pelajaran produktif di SMK paket keahlian Teknik Pengelasan. Salah satu praktik pengelasan yang dilakukan adalah praktik las SMAW. Hasil dari praktik pengelasan selalu diikuti dengan penilaian untuk mengetahui kemampuan praktik yang dicapai dan produktivitas kerja yang dihasilkan peserta didik. Praktik pengelasan dilakukan dengan posisi duduk untuk menghindari keluhan akibat nyeri dan ketegangan otot. Penerapan kerja yang mengabaikan prinsip ergonomi dapat menyebabkan ketidaknyamanan biaya tinggi kecelakaan dan penyakit akibat kerja meningkat performansi menurun yang berakibat pada penurunan produktivitas kerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pra eksperimental dengan jenis pretest-posttest design. Variabel pada penelitian ini adalah kemampuan awal praktik (X1) dan ergonomi posisi pengelasan SMAW (X2) sebagai variabel bebas sedangkan produktivitas kerja (Y) merupakan variabel terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi observasi terstruktur dan jobsheet. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif statistik untuk menjelaskan perbedaan kemampuan awal praktik dan uji paired sample t test untuk menjelaskan pengaruh perlakuan ergonomi posisi pengelasan terhadap produktivitas kerja. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan hasil kemampuan awal praktik kelas TP 1 dari SMKN 3 Bojonegoro sedangkan kelas TP 2 dan TP 3 dari SMKN 4 Bojonegoro. Kelas TP 1 memperoleh nilai rata-rata 82.07 sedangkan untuk kelas TP 2 memperoleh nilai rata-rata 87.40 kemudian untuk kelas TP 3 memperoleh nilai rata-rata 86.63. Rata-rata perolehan skor observasi sebelum perlakuan ergonomi untuk kelas TP 1 sebesar 7.67 sedangkan rata-rata skor observasi sesudah perlakuan ergonomi sebesar 12.93. Rata-rata skor observasi sebelum perlakuan ergonomi untuk kelas TP 2 sebesar 7.60 sedangkan rata-rata skor observasi sesudah perlakuan ergonomi sebesar 13.07. Rata-rata skor observasi sebelum perlakuan ergonomi untuk kelas TP 3 sebesar 8.37 sedangkan rata-rata skor observasi sesudah perlakuan ergonomi 12.8125. Kelas TP 1 mengalami peningkatan produktivitas kerja sebesar 7.56% sedangkan kelas TP 2 mengalami peningkatan produktivitas kerja sebesar 5.44% selanjutnya TP 3 mengalami peningkatan produktivitas kerja sebesar 6.05%. Kesimpulan analisis data menggunakan uji sample paired t test menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari perlakuan ergonomi posisi pengelasan SMAW terhadap produktivitas kerja. ABSTRACT Wulandari Belinda. 2017. The Contribution of Practical Basic Competence and Ergonomic Welding Position of SMAW on Student Work Productivities in Welding Engineering at Bojonegoro Public Vocational High School. Sarjana s Thesis Mechanical Engineering Department Faculty of Engineering Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Ir. H. Djoko Kustono M.Pd (II) Drs. H. Solichin S.T. M.Kes. Keywords ergonomic SMAW work productivity Welding practicum is part of productive subjects in Vocational High School of welding engineering. One of welding practical work is SMAW welding practice. The result of it always be followed by assessment to know competence practice which accomplished and work productivity resulted by students. Welding practice work with seat position to avoid the impact of pain and strained muscle. Work application ignoring the ergonomy principle can make inconvenience high cost accident and illness by increasing work declining performance which resulted by a decrease in work productivity. This research using pre experimental method with pretest-posttest type. The variables of that are practical basic competence (X1) and ergonomic welding position of SMAW (X2) as independent variable whereas work productivity (Y) as dependent variable. The data collected by documentation structured observation and jobsheet. Data analysis that used in this research was statistical descriptive analysis to explain the differences initial competence practice and paired sample t test to explain the impact of ergonomic treatment on welding position toward productivity work. Based on the research results it showed that there was a difference of result practical basic competence TP 1 class from Vocational High School 3 Bojonegoro whereas TP 2 class and TP 3 class from Vocational High School 4 Bojonegoro. The result of TP1 class was obtained average score 82.07 whereas for TP 2 class was obtained average score 87.40 and then for TP 3 class was obtained average score 86.63. The average score of structured observation before ergonomic treatment for TP 1 class were 7.67 whereas the average score of structured observation after ergonomic treatment were 12.93. The average score of structured observation before ergonomic treatment for TP 2 class were 7.60 whereas the average score of structured observation after ergonomic treatment were 13.07. The average score of structured observation before ergonomic treatment for TP 3 class were 8.37 whereas the average score of structured observation after ergonomic treatment were 12.81. TP 1 class have increase work productivity were 7.56% whereas in TP 2 class have increase work productivity were 5.44% and then TP 3 class have increase work productivity were 6.05%. The conclusion of data analyzed by paired sample t test that there was a significant differences between ergonomic treatment on welding position of SMAW toward work productivity.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42641

Actions (login required)

View Item View Item