Kontribusi self-discipline dan pengetahuan teori pemesinan terhadap hasil belajar mata pelajaran praktikum pemesinan serta dampaknya pada kesiapan memasuki dunia kerja siswa kelas XII SMKN 6 Malang / Dwi Nurcahyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi self-discipline dan pengetahuan teori pemesinan terhadap hasil belajar mata pelajaran praktikum pemesinan serta dampaknya pada kesiapan memasuki dunia kerja siswa kelas XII SMKN 6 Malang / Dwi Nurcahyo

Nurcahyo, Dwi (2017) Kontribusi self-discipline dan pengetahuan teori pemesinan terhadap hasil belajar mata pelajaran praktikum pemesinan serta dampaknya pada kesiapan memasuki dunia kerja siswa kelas XII SMKN 6 Malang / Dwi Nurcahyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurcahyo Dwi. 2017. Kontribusi Self discipline dan Pengetahuan Teori Pemesinan terhadap Hasil Belajar Praktikum Pemesinan serta Dampaknya terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMKN 6 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Hj. Dr. Widiyanti M.Pd. (II) Drs. Wahono S.ST. M.Pd. Kata Kunci self discipline pengetahuan teori pemesinan hasil belajar praktikum pemesinan kesiapan memasuki dunia kerja Kesiapan siswa dalam memasuki dunia kerja dilihat melalui tiga aspek yaitu aspek pengetahuan sikap dan keterampilan. Pengetahuan mutlak dibutuhkan sebagai dasar seseorang dalam bekerja. Keterampilan dibutuhkan guna menunjang seseorang dalam bekerja untuk menciptakan sesuatu yang berkualitas sedangkan sikap yang dimaksud adalah sikap kerja selama berada di dunia kerja untuk meningkatkan produktifitas dalam bekerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan inferensial dengan metode studi hubungan kausal karena penelitian ini berusaha untuk memberikan pemecahan masalah melalui penyajian data-data analisis beserta intepretasinya yang didasarkan atas temuan data yang telah diperoleh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini juga merupakan populasi atau yang biasa disebut dengan penelitian sensus sebanyak 86 orang siswa kelas XII di SMK Negeri 6 Malang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode path analysis dengan bantuan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi yang tidak signifikan antara self discipline terhadap hasil belajar praktikum pemesinan (2) terdapat kontribusi yang signifikan antara pengetahuan teori pemesinan terhadap hasil belajar praktikum pemesinan sebesar 50% dan meningkat menjadi 53 8% setelah diadakan perbaikan jalur (3) terdapat kontribusi yang signifikan self discipline dan pengetahuan teori pemesinan secara simultan terhadap hasil belajar praktikum pemesinan sebesar 54 8% (4) terdapat kontribusi yang signifikan antara self discipline terhadap kesiapan memasuki dunia kerja sebesar 11 8% dan meningkat menjadi 12 3% setelah dilakukan perbaikan jalur (5) terdapat kontribusi yang signifikan antara pengetahuan teori pemesinan terhadap kesiapan memasuki dunia kerja sebesar 19 3% dan meningkat menjadi 23% setelah dilakukan perbaikan jalur (6) terdapat kontribusi yang tidak signifikan antara hasil belajar praktikum pemesinan terhadap kesiapan memasuki dunia kerja dan (7) terdapat kontribusi yang signifikan self discipline pengetahuan teori pemesinan dan hasil belajar praktikum pemesinan secara simultan terhadap kesiapan memasuki dunia kerja sebesar 35 7%. Sebaiknya siswa guru dan instansi pendidikan perlu menyadari akan pentingnya pengembangan diri siswa dalam rangka mempersiapkan siswa untuk siap bekerja dan menghasilkan kompetensi lulusan yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42636

Actions (login required)

View Item View Item