Miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel ditinjau dari tipe kepribaidan DISC (Dominance, Influence, Steady, Compliance). - Repositori Universitas Negeri Malang

Miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel ditinjau dari tipe kepribaidan DISC (Dominance, Influence, Steady, Compliance).

Afnenda, Adinda Beauty (2023) Miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel ditinjau dari tipe kepribaidan DISC (Dominance, Influence, Steady, Compliance). Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemahaman konsep menjadi kemampuan terpenting yang dibutuhkan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Kurangnya pemahaman konsep akan menjadi penghambat bagi siswa dalam mengembangkan kreativitas, dan keterampilan penyelesaian masalah matematika. Tingkat pemahaman yang kurang tidaklah memandang jenjang usia ataupun pendidikan. Kurangnya pemahaman memunculkan banyak ruang untuk kesalahpahaman masuk. Kesalahpahaman yang dialami siswa ini yang disebut dengan miskonsepsi. Miskonsepsi adalah suatu konsep yang dipahami oleh siswa, namun bertentangan dengan konsep yang diakui para ahli. Miskonsepsi yang berkelanjutan akan menimbulkan dampak yang buruk bagi siswa. Banyak faktor penyebab terjadinya kesalahpahaman konsep (miskonsepsi) antara lain dapat berasal dari siswa, pendidik, buku teks, konten, dan juga metode pembelajaran yang kurang tepat kepada siswa. Salah satu faktor penting pada diri siswa yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi adalah kepribadian. Tipe kepribadian yang mampu menerangkan respon emosional, dan tingkah laku individu dalam menghadapi masalah adalah tipe kepribadian DISC, dimana terdapat empat kepribadian tunggal, yaitu dominance, influence, steady, dan compliance. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan, dan pertidaksamaan linier satu variabel ditinjau dari tipe kepribadian DISC. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pemilihan subjek dari siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Muncar, Kabupaten Banyuwangi. Kemudian, dari kelas tersebut terpilih 6 siswa yang menjadi subjek penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah angket tipe kepribadian DISC, soal tes tulis, dan pedoman wawancara. Data penelitian yang dihasilkan berupa data hasil angket tipe kepribadian DISC, data hasil pekerjaan subjek, dan data hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan tipe kepribadian dominance mengalami miskonsepsi pada lima indikator, yaitu indikator pengertian yang tidak akurat tentang konsep, pemaknaan konsep dengan makna konsep yang tidak tepat, menghubungkan konsep strategi dengan tidak tepat, penerapan konsep tidak tepat, dan klasifikasi contoh-contoh yang salah tentang penerapan konsep. Subjek tipe kepribadian influence mengalami miskonsepsi pada tiga indikator, yaitu indikator pemaknaan konsep dengan makna konsep yang tidak tepat, menghubungkan konsep strategi dengan tidak tepat, dan klasifikasi contoh-contoh yang salah tentang penerapan konsep. Subjek tipe kepribadian steady hanya mengalami miskonsepsi pada dua indikator saja, yakni pada indikator pemaknaan konsep dengan makna konsep yang tidak tepat, dan klasifikasi contoh-contoh yang salah tentang penerapan konsep. Subjek tipe kepribadian compliance mengalami miskonsepsi pada tiga indikator, yaitu indikator pemaknaan konsep dengan makna konsep yang tidak tepat, menghubungkan konsep strategi dengan tidak tepat, dan penerapan konsep tidak tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Tipe Kepribadian DISC
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: mr magang UM
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:35
Last Modified: 08 Aug 2023 06:35
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4260

Actions (login required)

View Item View Item