Analisis kualitas hasil coran dan sifat mekanis paduan logam Al-Si dengan penambahan belerang / Dwi Febi Suhendra - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kualitas hasil coran dan sifat mekanis paduan logam Al-Si dengan penambahan belerang / Dwi Febi Suhendra

Suhendra, Dwi Febi (2016) Analisis kualitas hasil coran dan sifat mekanis paduan logam Al-Si dengan penambahan belerang / Dwi Febi Suhendra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suhendra D.F.2015. Analisis Kualitas Hasil Coran dan Sifat Mekanis Paduan Logam Al-Si dengan Penambahan Belerang. Skripsi Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Rr. Poppy Puspitasari S.Pd. M.T Ph.D. (II) Drs. H. Putut Murdanto S.T. M.T. Kata Kunci Fluiditas kekerasan cacat coran belerang sifat mekanis. Aluminium merupakan logam yang banyak digunakan dalam berbagai aplikasi mulai dari peralatan rumah tangga hingga kontruksi komponen otomotif sampai pada komponen pesawat terbang (aerospace). Aluminium dapat dibentuk dengan proses penuangan atau pencetakan. Dalam proses pengecoran aluminium perlu ditambahkan unsur paduan untuk meningkatkan sifat mekanisnya. Salah satu jenis paduan aluminium adalah aluminium silikon (Al-Si). Untuk meningkatankan sifat mekanis dan kualitas hasil coran logam Al-Si penelitian ini mencoba menambahkan belerang dalam paduan logam Al-Si. Belerang yang digunakan adalah belerang alami berbentuk kristal padat berwarna kuning yang setelah diuji XRF terdapat unsur tertinggi yaitu S (sulfur) sebesar 59 2% dan Na (natrium) sebesar 37%. Variasi penambahan belerang sebesar 0 2% 0 4% dan 0 6% dari berat logam paduan Al-Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan belerang terhadap kualitas hasil coran dan sifat mekanis logam Al-Si. Sifat mekanis dilihat dari kekerasan. Kualitas hasil coran dilihat dari fluiditas dan pemeriksaan fisik benda hasil cor. Dari hasil uji one way anova menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dilihat dari panjang dan lebar benda hasil cor dengan penambahan belerang terhadap fluiditas. Sedangkan dilihat dari tebal benda hasil cor menyatakan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan pada tebal benda hasil cor terhadap fluiditas. Hasil dari analisis kekerasan menyatakan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan pada benda hasil cor paduan logam Al-Si dengan penambahan belerang. Dari tiga variasi penambahan belerang dapat diketahui bahwa nilai fluiditas paling tinggi terdapat pada spesimen coran dengan penambahan belerang 0 2% yaitu memiliki panjang total 786 mm lebar total 80.6 mm dan tebal total 19.9 mm. Sedangkan untuk nilai kekerasan tertinggi terdapat pada spesimen dengan penambahan belerang 0 6% dengan nilai rata-rata sebesar 84 222 HRB. Nilai rata-rata kekerasan mengalami peningkatan yang sangat sedikit. Benda hasil cor dengan penambahan belerang 0 4% mengalami peningkatan kekerasan sebesar 1 HRB dari benda hasil cor dengan penambahan belerang 0 2% dan benda hasil cor dengan penambahan belerang 0 6% mengalami peningkatan kekerasan sebesar 0 266 HRB dari benda hasil cor dengan penambahan belerang 0 4%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42565

Actions (login required)

View Item View Item