Pengaruh waktu expose di udara terhadap penyusutan dan kekerasan pada bahan polimer / Mochammad Afit Muflich - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh waktu expose di udara terhadap penyusutan dan kekerasan pada bahan polimer / Mochammad Afit Muflich

Muflich, Mochammad Afit (2016) Pengaruh waktu expose di udara terhadap penyusutan dan kekerasan pada bahan polimer / Mochammad Afit Muflich. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muflich M.A. 2015. PengaruhWaktu Expose di Udara terhadap Penyusutan dan Kekerasan pada Bahan Polimer.Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahono S.ST. M.Pd (II) Drs. Basuki M.Pd. Kata Kunci penyusutan kekerasan waktu expose polimer Polimermerupakan senyawa yang besar yang terbentuk dari hasil penggabungan sejumlah (banyak) unit-unit molekul yang kecil. Unit molekul kecil pembentuk senyawa ini disebut monomer. Polimer memiliki sifat yang hampir sama dengan logam akan tetapi memiliki kelebihan yaitu ringan dan tahan terhadap korosi. Oleh sebab itu banyak polimer saat ini lebih banyak digunakan dan menjadi pilihan untuk menggantikan peran logam dalam kondisi tertentu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1)perbedaan nilaipenyusutan polimer yang diberi waktu expose di udara selama 2 hari 4 hari 6 hari 8 hari dan 10 hari (2) perbedaan nilai kekerasan polimer yang diberi waktu expose di udara selama 2 hari 4 hari 6 hari 8 hari dan 10 hari dan (3) interaksi antara penyusutan dan kekerasan polimer yang diberi waktu expose di udara selama 2 hari 4 hari 6 hari 8 hari dan 10 hari. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Ditinjau dari jenis metode penelitian maka jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan eksperimental. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dan dianalisis menurut model statistikinferensial.Data yang diperoleh berupa nilai rerata ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik sehingga lebih mudah dibaca. Pengukuran penyusutan diukur dengan menggunakanmicrometer dengan ketelitian 0 01 mm dan pengujian kekerasan menggunakan mesin uji kekerasan mikro vikers. Hasil penyusutan pada bahan polimer yang di expose di udara selama 10 hari menunjukkan nilai penyusutan yang semakin meningkat dari 0 01 mm menjadi 0 06 mm. Nilai kekerasan pada bahan polimer juga meningkat dari 13 28 HVN menjadi 34 03 HVN. Hal ini disebabkan karena polimer yang baru dicetak memiliki atom-atom yang belum tersusun secara teratur setelah di expose di udara selama2 hari 4 hari 6 hari 8 hari dan10 hari atom-atom tersebut sedikit demi sedikit akan tersusun secara teratur dan membentuk rantai yang semakin memanjang. Hal inilah yang menyebabkan penyusutan dan naiknya nilai kekerasan pada bahan polimer. Pada penelitian ini penemuan yang penting adalah bahwa adaperbedaan serta interaksi antara penyusutan dan kekerasan terhadap waktu expose di udara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42560

Actions (login required)

View Item View Item