Penerapan art therapy melalui proses kreatif penciptaan lukisan untuk mengurangi tingkat stres mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Kertarajasa, Batu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan art therapy melalui proses kreatif penciptaan lukisan untuk mengurangi tingkat stres mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Kertarajasa, Batu

Sumanggala, Kadek Jaya (2023) Penerapan art therapy melalui proses kreatif penciptaan lukisan untuk mengurangi tingkat stres mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Kertarajasa, Batu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan berupaya membentuk individu menjadi orang yang bermoral, beretika, dan memiliki intelektual sesuai dengan potensi dari individu. Beban belajar akan meningkat berbanding lurus dengan jenjang pendidikan. Kewajiban sosial dan akademik yang tinggi juga dapat berdampak pada tingkat stres mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas terapi seni dalam upaya menurunkan tingkat stres mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan mix method dengan one group design. Data kualitatif digunakan sebagai data primer dan kuantitatif dimaksudkan sebagai data, bukan sebagai pengambilan hasil (sekunder). Empat subyek dipilih melalui purposive sampling dari kategori stres berat dengan spesifikasi dua laki-laki dan dua perempua setelah dilakukan pengukuran (DASS-42). Metode analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyusunan kesimpulan. Skala stres (DASS-42) digunakan sebagai analisis data kuantitatif. Temuan studi menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami stres dengan kategori 8,7% (8 mahasiswa) tergolong dalam keadaan normal, 17,5% (16 mahasiswa) tergolong dalam ringan, 49,4% (45 mahasiswa) tergolong stres sedang, dan 24,1% (22) berada pada tingkat stres yang parah atau berat. Penyebab stres disebabkan oleh tuntutan akademik sekaligus pemuka agama yang menyebabkan banyaknya stres yang terjadi dikalangan mahasiswa STAB Kertarajasa. Pendekatan melalui pendampingan dan pemberian aktivitas melukis membantu mahasiswa mengurangi stres. Perbandingan lukisan sebelum dan sesudah intervensi menggunakan analisis seni menunjukkan hal ini. Hasil lukisan menunjukkan bahwa, setelah intervensi adanya perbedaan penggambaran tekanan akademik dan tekanan sosial pada mahasiswa di setiap lukisan. Hal ini dapat dilihat dari goresan, tekstur, bidang, dan warna pada lukisan. Adanya perbedaan pisik, emosional, dan perilaku sebelum maupun sesudah mengikuti terapi seni melalui seni lukis. Subjek E.D. memiliki tingkat stres tertinggi, skor total 33 menjadi 24, S yang awalnya total skor 31 menjadi 23, Selain itu, P memiliki skor total 30 menjadi 19 sedangkan N.A. dengan skor total awal 29 menjadi 21.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Art Therapy, Proses Kreatif, Stres, Mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S2 Keguruan Seni Rupa
Depositing User: mr magang UM
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:14
Last Modified: 08 Aug 2023 04:14
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4256

Actions (login required)

View Item View Item