Dukungan kepala sekolah, guru, dan siswa terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 di SMKN 1 Trenggalek / Ajeng Sri Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Dukungan kepala sekolah, guru, dan siswa terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 di SMKN 1 Trenggalek / Ajeng Sri Wardhani

Wardhani, Ajeng Sri (2016) Dukungan kepala sekolah, guru, dan siswa terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 di SMKN 1 Trenggalek / Ajeng Sri Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardhani Ajeng Sri. 2015.Dukungan Kepala Sekolah Guru dan Siswa Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013. Skripsi JurusanTeknikMesin FakultasTeknikUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I)Dr. H. Purnomo S.T. M.Pd (II) Drs. Siswanto M. Kata Kunci pelaksanaan kurikulum 2013 dukungankepala sekolah dukungan guru dukungan siswa. Untuk menghadapi perkembangan zaman diperlukan perubahan kurikulum untuk untukmembenahikinerjapendidikan yang jauhtertinggaldengannegara-negaramaju di dunia.SMKN 1 Trenggalek telah melaksanakan kurikulum 2013 selama tiga semester yaitu sejak Tahun Pelajaran 2013/2014.SMKN 1 Trenggalek merupakan salah satu sekolahfavorit di Trenggalek.Terdapattigafaktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum di sekolah di antaranya dukungan kepala sekolah dukungan rekan sejawat guru dan dukungan internal dalamkelas . Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa paparan desktriptif yang didukung alat penlitian beruapa audio visual dan catatan lapangan. Dalam penelitian ini yang menjadi informan penelitian adalah kepala sekolah waka bidang kurikulum guru dan siswa kelas X program keahlian teknik mesin Dari hasil penelitian dapat disimpulkan dukungan kepala sekolah SMKN 1 Trenggalek terkait dengan pelaksanaan kurikulum 2013 yaitu dengan kepala sekolah sudah mampu memanajemen mengoordinasikan menggerakkan dan menyelaraskan semua sumber daya pendidikan di sekolah yang tersedia. Dukungan guru terkait dengan pelaksanaan kurikulum 2013 yaitu dengan menerapkan kurikulum 2013 pada proses pembelajaran. Terkait dengan dukungan terdapat guru yang tidak mendukung pelaksanaan kurikulum 2013 dengan alasan kurikulum sebelumnya lebih baik dibandingkan dengan kurikulum 2013. Terdapat pula guru yang hanya mengikuti peratura pemerintah saja dengan alasan guru hanya sebagai pelaksana peraturan pemerintah. Terdapat pula guru yang mendukung pelaksanaan kurikulum 2013 dengan alasan kurikulum 2013 lebih bagus dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya terkait dengan adnaya sinkronisasi antara silabus kurikulum 2013 dengan SKKN (Standar Kompetensi Kerja Nasional).Dukungan siswa terkait dengan pelaksanaan kurikulum 2013 yaitu dengan mengetahui bahwa di sekolahnya menggunakan kurikulum 2013. Dari hasil penelitian siswa mengetahui hal tersebut dari berbagai sumber yaitu guru dan televisi. Dalam proses pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 siswa merasa senang saat proses pembelajaran. Menurut siswa yang memberatkan adalah banyaknya tugas-tugas setiap akhir mata pelajaran guru selalu memberikan tugas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42559

Actions (login required)

View Item View Item