Minat dan kesiapan dalam bekerja, berwirausaha serta melanjutkan studi siswa Teknik Pemesinan SMK Kota Malang pasca melaksanakan praktik kerja industri / Carmei Slamet Prianto

Prianto, Carmei Slamet (2016) Minat dan kesiapan dalam bekerja, berwirausaha serta melanjutkan studi siswa Teknik Pemesinan SMK Kota Malang pasca melaksanakan praktik kerja industri / Carmei Slamet Prianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prianto, Carmei Slamet. 2015. Minat dan Kesiapan dalam Bekerja, Berwirausaha serta Melanjutkan Studi Siswa Teknik Pemesinan SMK Kota Malang Pasca Melaksanakan Praktik Kerja Industri. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Waras, M.Pd. (II) Dr. H. Yoto, S.T., M.Pd., M.M Kata Kunci: minat, kesiapan, bekerja, berwirausaha, melanjutkan studi. Saat ini siswa SMK jurusan pemesinan merupakan generasi yang lahir sebagai generasi Z. Bekerja, berwirausaha atau melanjutkan studi merupakan tujuan akhir yang ingin diraih oleh setiap lulusan, termasuk lulusan SMK program studi pemesinan. Oleh karena itu, sebelum lulus siswa harus memiliki minat dan kesiapan dalam bekerja, berwirausaha atau melanjutkan studi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat dan kesiapan bekerja, berwirausaha serta melanjutkan studi siswa teknik pemesinan SMK Kota Malang pasca melaksanakan praktik kerja industri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei. Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif karena hanya memaparkan data yang diambil menggunakan angka dan dianalisis secara statistik. Hasil penelitian adalah (1) 83 (38,2%) siswa memiliki minat bekerja di industri pemesinan sesuai kompetensi, (2) 81 (37,3%) siswa memiliki minat berwirausaha di bidang pemesinan (3) 82 (37,8%) siswa memiliki minat melanjutkan studi di jurusan teknik pemesinan (4) 92 (42,4%) siswa memiliki kesiapan kerja berupa wawasan dunia kerja (5) 87 (40,1%) siswa sudah memiliki kesiapan berwirausaha berupa kesiapan keuangan (6) 88 (40,6%) siswa memiliki kesiapan untuk melanjutkan studi berupa kesiapan keuangan dan kompetensi akademik. Saran pada penelitian bagi siswa dapat dijadikan rujukan untuk meningkatkan pengetahuan atau pemahaman tentang dunia kerja, berwirausaha dan melanjutkan studi. Bagi Guru sebagai dasar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran setiap memulai pembelajaran. Bagi Kepala Sekolah sebagai rujukan dalam mengambil kebijakan mengembangkan strategi untuk meningkatkan kompetensi akademik dan pengetahuan. Bagi Peneliti selanjutnya dapat mengembangkan lebih luas lagi indikator-indikator dan variabel serta populasi yang lebih luas tentang minat dan kesiapan dunia kerja, berwirausaha dan melanjutkan studi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42553

Actions (login required)

View Item View Item