Implementasi teaching industry Program Keahlian Teknik Sepeda Motor di SMK Muhamamadiyah 7 Gondanglegi / Zainal Fanani - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi teaching industry Program Keahlian Teknik Sepeda Motor di SMK Muhamamadiyah 7 Gondanglegi / Zainal Fanani

Fanani, Zainal (2016) Implementasi teaching industry Program Keahlian Teknik Sepeda Motor di SMK Muhamamadiyah 7 Gondanglegi / Zainal Fanani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fanani Zainal. 2015. Implementasi Teaching Industry Program Keahlian Teknik Sepeda Motor di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi. Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dwi Agus Sudjimat H. Dr. S.T M.Pd (II) Sumarli H. Drs. M.Pd. M.T. Kata kunci Lulusan DU/DI Teaching industry SMK. Teaching industry adalah suatu konsep pembelajaran yang dalam pelaksanaannya melibatkan dunia usaha dan industri dalam proses belajar mengajar di kelas sehingga penggambaran kondisi sesungguhnya di Du/Di akan didapat siswa. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk usaha untuk dapat menjembatani kesenjangan kompetensi antara kebutuhan industri dan pengetahuan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi Teaching Industry Program Keahlian Teknik Sepeda Motor di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi yang terbagi dalam dua fokus penelitian berikut ini (1) Implementasi teaching industry berdasarkan kebijakan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. (2) Kendala yang di hadapi dan pemecahan dalam teaching industry untuk di Teknik Sepeda Motor di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi dan teknik analisis data yang dipergunakan ialah analisis deskriptif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan teaching industry di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi sudah berjalan dengan cukup baik karena sumber daya manusia manajemen keuangan peralatan proses pembelajaran dan jaringan kerjasama yang baik serta produk yang berkualitas dan dapat diterima masyarakat. 2) pelaksanaan teaching industry di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi belum optimal karena organisasi masih menjadi kesatuan dengan struktur organisasi sekolah dalam hal pelibatan tenaga pendidik di tim bengkel teaching industry fokus produk dan kesesuaian kurikulum serta program keahlian yang ada di sekolah dengan bidang kegiatan yang dilakukan di teaching industry. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini implementasi teaching industry menjadi nilai lebih untuk sekolah. Dengan implementasi teaching industry dapat meningkatkan kreatifitas serta perhatian dari pihak sekolah dan pemerintah untuk menyiapkan siswa sebagai tenaga terampil di dunia kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42552

Actions (login required)

View Item View Item