Implementasi teaching factory dalam meningkatkan kompetensi dan jiwa wirausaha siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 7 Gondanglegi / M. Agung Setia Budi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi teaching factory dalam meningkatkan kompetensi dan jiwa wirausaha siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 7 Gondanglegi / M. Agung Setia Budi

Budi, M. Agung Setia (2015) Implementasi teaching factory dalam meningkatkan kompetensi dan jiwa wirausaha siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 7 Gondanglegi / M. Agung Setia Budi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Budi M. A. S. 2015. Implementasi Teaching Factory dalam Meningkatkan Kompetensi dan Jiwa Wirausaha Siswa di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A. Ph.D (II) Drs. Sunomo M.Pd. Kata kunci kompetensi teaching factory wirausaha SMK. Teaching factory atau pengajaran berbasis produksi adalah kegiatan pembelajaran dimana siswa secara langsung melakukan kegiatan produksi baik berupa barang atau jasa didalam lingkungan pendidikan sekolah. Pembelajaran berbasis produksi adalah suatu proses pembelajaran keahlian atau keterampilan yang dirancang dan dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar bekerja yang sesungguhnya (real job) untuk menghasilkan barang atau jasa yang sesuai dengan tuntutan pasar atau konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi teaching factory dalam meningkatkan kompetensi dan jiwa wirausaha siswa di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi yang terbagi dalam dua fokus penelitian berikut ini (1) implementasi teaching factory dalam meningkatkan kompetensi dan jiwa wirausaha siswa di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. (2) kendala yang dihadapi dan pemecahannya pada implementasi teaching factory dalam meningkatkan kompetensi dan jiwa wirausaha siswa di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi dan teknik analisis data yang dipergunakan ialah analisis deskriptif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan teaching factory di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi sudah berjalan dengan cukup baik karena sumber daya manusia manajemen keuangan peralatan proses pembelajaran dan jaringan kerjasama yang baik serta produk yang berkualitas dan dapat diterima masyarakat. 2) pelaksanaan teaching factory di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi belum optimal karena organisasi masih menjadi kesatuan dengan struktur organisasi sekolah dalam hal pelibatan tenaga pendidik di tim bengkel teaching factory fokus produk dan kesesuaian kurikulum serta program keahlian yang ada di sekolah dengan bidang kegiatan yang dilakukan di teaching factory. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini implementasi teaching factory menjadi nilai lebih untuk sekolah. Dengan implementasi teaching factory dapat meningkatkan kreatifitas kompetensi dan jiwa wirausaha siswa yang menjadi perhatian pihak sekolah dan pemerintah untuk menyiapkan siswa sebagai tenaga terampil di dunia kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42542

Actions (login required)

View Item View Item