Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis software macromedia flash terhadap hasil belajar pada mata matakuliah elektronika dasar di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang / Antoni Arga Karisma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis software macromedia flash terhadap hasil belajar pada mata matakuliah elektronika dasar di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang / Antoni Arga Karisma

Karisma, Antoni Arga (2015) Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis software macromedia flash terhadap hasil belajar pada mata matakuliah elektronika dasar di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang / Antoni Arga Karisma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Karisma Antoni Arga. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Pada Matakuliah Elektronika Dasar Di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Widiyanti M.Pd. (II) Drs. Imam Sudjono M.T. Kata Kunci Media pembelajaran macromedia flash media pembelajaran power point hasil belajar Elektronika dasar adalah salah satu sajian mata kuliah yang ada di Fakultas Teknik khususnya di Jurusan Teknik Mesin. Proses pembelajaran pada matakuliah elektronika dasar yang dilakukan selama ini menggunakan metode pembelajaran secara umum atau lebih bisa dikategorikan menggunakan media yang keseharian digunakan dalam kegiatan perkuliahan yaitu menggunakan media pembelajaran power point dengan dibantu LCD Projektor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan antara media pembelajaran macromedia flash dan media pembelajaran power point terhadap hasil belajar mahasiswa pada matakuliah elektronika dasar di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu dengan pendekatan Nonequivalent control group design yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari satu variabel bebas dengan dua kategori yaitu media pembelajaran macromedia flash (X1) dan media pembelajaran power point (X2) terhadap variabel terikat yaitu hasil belajar mahasiswa pada matakuliah elektronika dasar (Y) yang pengumpulan datanya menggunakan angka atau nilai. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kenaikan nilai rata-rata total yang diperoleh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata total pretest pada kelas eksperimen yaitu 51 49 dan nilai rata-rata total posttest yaitu 75 73 sehingga kenaikan nilainya meningkat menjadi 33 67 %. Untuk nilai rata rata total pretest kelas kontrol yaitu 53 325 dan nilai rata-rata total posttest yaitu 70 72 sehingga kenaikan nilainya meningkat menjadi 23 33 %. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran macromedia flash memiliki nilai lebih tinggi daripada hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran power point pada matakuliah elektronika dasar di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Saran yang dapat diajukan (1) Bagi dosen Jurusan Teknik Mesin dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan supaya menggunakan media pembelajaran macromedia flash dalam proses pembelajaran elektronika dasar (2) Bagi mahasiswa dapat mengembangkan potensi yang ada dengan maksimal dengan menggunakan media pembelajaran interaktif (3) bagi peneliti selanjutnya hendaknya untuk lebih mengembangkan isi dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42532

Actions (login required)

View Item View Item