Pengembangan buku cerita bergambar sebagai sarana penerapan pendidikan karakter berbasis budaya panji untuk siswa SMP - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku cerita bergambar sebagai sarana penerapan pendidikan karakter berbasis budaya panji untuk siswa SMP

Wicaksono, Agung Bagus (2021) Pengembangan buku cerita bergambar sebagai sarana penerapan pendidikan karakter berbasis budaya panji untuk siswa SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan kurikulum 2013 membuat pembahasan tentang pendidikan karakter semakin kuat diperbincangkan oleh kalangan pemerhati pendidikan dan pendidik. Dilaksanakan pada sekolah menengah pertama bertujuan untuk meningkatkan penyelenggaraan dan hasil pendidikan yang mengarah pada pencapaian penanaman pembentukan karakter siswa secara utuh. Namun kenyataan yang ada bahwa pendidik mengalami masalah dalam proses penanaman pendidikan karakter tersebut. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya media berupa buku yang bermuatan tentang kompetensi sikap. Maka dari itu diperlukan produk berupa buku bacaan yang sesuai dan dapat memecahkan masalah yang disampaikan di atas. Buku cerita bergambar Petualangan Tiga Sahabat merupakan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk berupa buku cerita bergambar yang berisi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis budaya Panji untuk ditanamkan kepada siswa Sekolah Menengah Pertama, (2) mengetahui hasil validasi untuk pedoman layak tidaknya media buku cerita bergambar digunakan dalam kegiatan literasi dalam mengembangkan kompetensi sikap di Sekolah. Penelitian pengembangan ini mengunakan metode 5D (Pranata, 2013) yang meliputi lima tahap yaitu (1) define, (2) data, (3) design, (4) develop, (5) disseminate, menggunakan pendekatan prosedural dengan analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif. Setelah produk dikembangkan dilakukan penilaian kepada para ahli untuk mengukur validitas dan kendalannya, dari hasil validitas oleh ahli materi sebesar 88,6 % sementara dari hasil ahli media sebesar 92,3 %. Dilakukan pula uji coba kepada 2 orang guru pendidikan Bahasa Indonesia dan kepada 15 siswa SMP. Guru memberikan penilaian validitas buku cerita bergambar sebesar 88 % dan siswa memberikan presentase validasi sebesar 88 %. Untuk mengukur tingkat keefektifan dilakukan uji coba kepada siswa. Hasil uji coba dianalisis mengunakan uji t. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah: Buku cerita bergambar Petualangan Tiga Sahabat sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan terdapat peningkatan hasil belajar bagi siswa yang menggunakanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku Cerita Bergambar, Budaya Panji, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S2 Keguruan Seni Rupa
Depositing User: mr magang UM
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:01
Last Modified: 08 Aug 2023 04:01
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4253

Actions (login required)

View Item View Item