Pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri dan model creative problem solving (CPS) terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif mata pelajaran mekanika teknik siswa kelas X SMKN 1 Singosari / Aulia Radif - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri dan model creative problem solving (CPS) terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif mata pelajaran mekanika teknik siswa kelas X SMKN 1 Singosari / Aulia Radif

Radif, Aulia (2015) Pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri dan model creative problem solving (CPS) terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif mata pelajaran mekanika teknik siswa kelas X SMKN 1 Singosari / Aulia Radif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Radif Aulia. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri dan Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Kemampuan Berpikir Kreatif Mata Pelajaran Mekanika Teknik Siswa Kelas X SMKN 1 Singosari. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Purnomo S.T. M.Pd (2) Drs. siswanto M.A. Kata Kunci Inkuiri Creative Problem Solving hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kreatif Pembelajaran abad 21 tidak hanya menekankan pada hasil belajar kognitif saja tetapi juga menekankan pada penguasaan keterampilan oleh siswa. Tantangan dan globalisasi yang menuntut siswa untuk berfikir kreatif inovatif serta menjadi problem solver. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk melatihkan kemampuan kognitif dan kreativitas tersebut adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing dan Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar kognitif menggunakan model pembelajaran inkuiri dan CPS (2) perbedaan kemampuan berpikir kreatif menggunakan model pembelajaran inkuiri dan CPS (3) hubungan hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu (quasy experiment design) dengan rancangan pre test-post test non equivalent control group design. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif untuk menggambarkan hasil penelitian secara umum dan statistik parametrik untuk menguji hipotesis yaitu analisis multivarian (Manova) dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows dengan taraf signifikansi 0 05. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Singosari. Sampel penelitian adalah kelas X yang kondisi prestasi belajarnya hampir sama. Terdapat dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas ekperimen terdiri dari kelas Inkuiri dan kelas CPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Inkuiri dan CPS berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif siswa model pembelajaran yang memiliki pengaruh paling tinggi terhadap hasil belajar kognitif adalah Inkuiri model pembelajaran yang memiliki pengaruh paling tinggi terhadap kemampuan berpikir kreatif adalah CPS Terdapat hubungan antara hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran yang berfokus pada pemberdayaan kreativitas seperti Inkuiri dan CPS dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42529

Actions (login required)

View Item View Item